DPR Acungi Jempol Infrastruktur Irigasi hingga Teknologi Pertanian

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Muladi (Foto: dok netralnwes.com)

MONITOR, Jakarta – Kinerja Kementerian Pertanian hingga kini dianggap masih menjadi unggulan dari pemerintahan Presiden Joko Widodo. Faktor tersebut bisa dinilai dari meningkatnya kesejahteraan petani dan beberapa ekspor komoditas.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi menilai, pencapaian itu tak terlepas dari sosok Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang fokus dalam tugasnya berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dari sektor tani.

“Banyak persoalan mendasar di sektor pertanian yang dapat dibereskan Amran Sulaiman. Cukup jelas kok ada hasilnya,” kata Viva kepada MONITOR, Senin (20/8).

Viva Yoga menyebut, untuk beberapa hal ada keselarasan antara visi misi Presiden Joko Widodo di sektor pertanian dengan kinerja Amran Sulaiman serta lembaganya.

“Misalnya saja, coba dicek, keseriusan membenahi infrastruktur irigasi. Bahkan mulai mengarah ke pemanfaatan teknologi pertanian kan dilakukan menterinya,” Sebutnya.

Menurutnya, kerja Kementerian Pertanian perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak sebab dianggap masih merupakan sektor yang utama.

Apalagi tercatat bahwa pertanian berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) menjadi sektor yang tumbuh signifikan dan menyumbang produk domestik bruto (PDB) pada triwulan II tahun 2018 sebesar 9,93 persen.

“Keberhasilan yang terlihat hasilnya bahwa juga ada peningkatan produksi pangan. Ini kan jadi sebuah keberhasilan yang perlu diapresiasi,” tutup Viva Yoga.