Pertamina Tambah Pasokan 500.000 LPG 3 Kg Bersubsidi di Kalimantan

MONITOR, Jakarta – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI menambah pasokan 500.000 tabung elpiji 3 kg bersubsidi untuk lima provinsi di Kalimantan pada awal Desember 2017.

Penambahan pasokan ini guna mengantisipasi melonjaknya kebutuhan menjelang Natal dan Tahun baru di Kalimantan. Seperti yang disampaikan General Manager Marketing Operation Region VI Pertamina, Made Adi Putra, pada rilisnya di Jakarta, Senin (11/12)

"Kami memastikan pasokan elpiji 3 kg di Kalimantan cukup. Karenanya, konsumen tidak perlu panik dan diharapkan membeli sewajarnya," kata Made.

Menurut Made, ketersediaan elpiji di masyarakat terutama di kota-kota propinsi Kalimantan akan terus dipantau dan dapat ditambah sewaktu- waktu sesuai kebutuhan. Kebutuhan normal di Kalimantan sendiri sekitar 320 ribu tabung perharinya.

Lebih lanjut menurut Made, pasokan elpiji 12 kg dan Bright Gas 5,5 kg juga akan ditambah sebesar 20 persen dari kebutuhan normal. Kebutuhan normal Bright Gas 5,5 kg di Kalimantan adalah 4.800 tabung per hari dan dinaikkan menjadi 5.760 tabung per hari, sedangkan elpiji 12 kg dinaikkan dari 6.000 menjadi 7.200 tabung per hari.

Made mengimbau masyarakat yang berhak atas elpiji 3 kg bersubsidi untuk membeli di pangkalan agar sesuai harga eceran tertinggi (HET), serta guna memastikan elpiji 3 kg juga diterima oleh masyarakat tidak mampu.

"Kami juga mengimbau konsumen yang tidak berhak atas subsidi, menggunakan elpiji nonsubsidi untuk mendukung terwujudnya subsidi tepat sasaran," pintanya.

Menurut Made, untuk konsumen tidak berhak atas subsidi seperti rumah tangga mampu dan restoran bukan usaha mikro, Pertamina sudah menyiapkan elpiji 12 kg, Bright Gas 5,5 kg, dan elpiji 50 kg. Saat ini, produk tersebut sudah tersedia di agen-agen elpiji, SPBU, dan minimarket.

Made juga mengajak konsumen beralih ke elpiji nonsubsidi dengan mengadakan program tukar tabung dari elpiji 3 kg ke Bright Gas 5,5 kg. Untuk pembelian tabung baru beserta isi senilai sekitar Rp 300 ribu tergantung lokasi dan isi ulang sekitar Rp70 ribu.

"Setiap dua buah tabung elpiji tiga kg dapat ditukarkan dengan Bright Gas 5,5 kg dengan hanya menambah uang sekitar Rp100 ribu yang tergantung lokasi dan penukaran satu tabung tiga kg ditambah uang sekitar Rp220 ribu," pungkasnya.