Pertamina Salurkan Dana Kemitraan bagi 3400 Petani Tebu

MONITOR, Lumajang – PT Pertamina (Persero) memberikan dana program kemitraan sebesar Rp 110 Milyar kepada 3400 orang mitra petani tebu binaan PT Perkebunan Nusantara XI (PTPN XI). Secara simbolis, dana ini diserahkan langsung oleh VP CSR & SMEPP PT Pertamina Agus Mashud kepada Direktur Komersial PTPN XI Flora Pudji Lestari bersama perwakilan kelompok tani tebu di Pabrik Gula Jatiroto, Rabu (11/10).

Agus Mashud menyatakan, penyaluran dana tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan pendapatan petani tebu dan masyarakat di sekitarnya.

"Melalui kerjasama sinergi penyaluran dana Program Kemitraan BUMN pembina ini, diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi pelaksanaan Kemitraan BUMN dan meningkatkan pendapatan petani tebu rakyat dan masyarakat sekitarnya, karena budidaya penanaman tebu merupakan usaha yang mempuyai kaitan agribisnis yang cukup panjang sejak dari penyediaan bibit, sarana produksi, usaha budidaya sampai panen," ujar Agus Mashud.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kerjasama sinergi pada Masa Tanam 2017/2018 ini akan berlangsung selama 14 Bulan, dari proses tanam dan garap sampai dengan Proses TMA (Tebang, Muat dan Angkut), hingga proses pemotongan hasil panen oleh PTPN XI terhadap Petani Gula sebagai bagian dari proses collecting untuk pengembalian pinjaman Program Kemitraan terhadap Pertamina.

"Penyaluran akan dilakukan selama 4 tahap, direncakan dalam tahap awal akan disalurkan sebesar 10 Milyar, tahap kedua 40 Milyar, tahap ketiga 30 Milyar dan tahap keempat 30 Milyar sehingga total sebesar 110 Milyar diharapkan selesai di akhir bulan Desember 2017 dan penyaluran dana program kemitraan tersebut dapat maksimal diserap oleh Petani Tebu, sesuai dengan musim hujan sehingga bisa memaksimalkan periode tanam dan garap," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Komersial PTPN XI Flora Pudji Lestari menjelaskan, sejak dihapuskannya KKP-E (Kredit Ketahanan Pangan dan Energi) penyaluran pinjaman dana kemitraan Pertamina sebagai BUMN Pembina kepada PTPN XI sebagai BUMN Penyalur menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan produktivitas tanaman tebu dan pendapatan petani tebu rakyat yang dapat menghindarkan mereka dari para rentenir.

"Program kemitraan ini juga menjadi wujud kepedulian Pertamina dan PTPN XI sebagai BUMN untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani tebu rakyat dan masyarakat sekitarnya serta dalam mendorong percepatan tercapainya program swasembada gula nasional yang dicanangkan Pemerintah," ujarnya.