Pertamina Renovasi 20 Rumah Tak Layak Huni Di Cilacap

Renovasi rumah tak layak huni yang dilakukan oleh pertamina di Cilacap.

MONITOR, Cilacap – General Manager RU IV Cilacap bersama Wakil Bupati dan Forkompimda Kabupaten Cilacap melakukan renovasi rumah tidak layak huni di Dusun Tambangan Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap (5/8). Renovasi rumah tidak layak huni di Desa Tambangan ini merupakan salah satu rumah dari 20 rumah yang akan direnovasi oleh Pertamina RU IV Cilacap melalui Program CSR Tahun 2018.

Program Renovasi Rumah Tidak Layak Huni Pertamina RU IV Cilacap tersebut merupakan bentuk kepedulian dan keikut sertaan Pertamina dalam mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Cilacap “Bangga Mbangun Desa” yang bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Cilacap. Program ini mengikutsertkan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Cilacap. Di tahun 2018 ini pemerintah Kabupaten Cilacap merencanakan akan merenovasi rumah tidak layak huni sebanyak 500 rumah.

Program renovasi rumah tak layak huni di Cilacap yang dilakukan oleh Pertamina.

Renovasi rumah tidak layak huni merupakan bagian dari program pemerintah Kabupaten Cilacap dalam menyediakan infrastruktur perumahan untuk warga yang sangat tidak mampu. Dari hasil survey Tim Pertamina RU IV Cilacap, dari 20 rumah yang akan direnovasi sebagian besar berlantaikan tanah, berdinding bambu, tidak mempunyai sekat antara ruang tidur dengan ruangan rumah lainnya serta tidak memiliki kamar mandi yang layak. Dana yang disalurkan untuk masing-masing rumah sekitar Rp25 juta, sehingga total semuanya sebanyak Rp500 juta.

Program renovasi ini akan diselenggarakan oleh Pertamina RU IV Cilacap untuk 20 rumah yang berada di kecamatan-kecamatan di pinggiran Cilacap, seperti Kecamatan Gandrungmangu, Karangpucung, Cimanggu, dll. Pertamina RU IV Cilacap dalam menyalurkan bantuan renovasi dengan melibatkan aparat kecamatan, aparat desa, kelompok masyarakat dan penerima bantuan itu sendiri.

Dalam hal ini aparat desa dan kecamatan hanya sebatas mendampingi saja, pemilik rumah bersama kelompok masyarakatlah yang turun tangan langsung bergotong-royong merenovasi rumah tidak layak huni tersebut. Usai pencanangan program renovasi rumah tidak layak huni Pertamina RU IV Cilacap, General Manager RU IV bersama Wakil Bupati dan Forkompimda Kabupaten Cilacap turun langsung menyingsingkan lengan baju bergotong royong membangun rumah di dusun Tambangan tersebut.