Kamis, 18 April, 2024

Pertamina Lepas 1.312 Pemudik Gunakan Kereta Api

MONITOR, Jakarta – PT Pertamina (Persero) hari ini, Jumat (8/6), melepas pemberangkatan 1.312 pemudik menggunakan kereta api. Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito mengatakan, pemberangkatan mudik gratis dengan kereta api oleh Pertamina merupakan yang perdana dan akan menjadi bagian dari kegiatan tahunan Pertamina yang dikemas dalam acara Bareng Bareng Mudik (BBM) 2018, sebagai Sinergi antar BUMN.

“Ini tahun pertama kami menggelar mudik dengan kereta api, agar ada pilihan bagi masyarakat selain bis dan kapal laut. Kami berupaya memaksimalkan moda yang ada untuk memasilitasi masyarakat yang ingin bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman dengan aman dan nyaman,” jelas Adiatma.

PT Pertamina memberangkatkan ribuan pemudik menggunakan fasilitas kereta api (dok: Pertamina)

Para pemudik, lanjut Adiatma akan dilepas dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat dalam dua pemberangkatan yakni 8 Juni sebanyak 2 kereta dan 9 Juni sebanyak 4 kereta, sehingga total 6 kereta.

Kereta api yang diberangkatkan hari ini adalah Gajahwong dengan tujuan Lempuyangan, Yogyakarta dan kereta Singasari dengan tujuan Blitar, Jawa Timur. Sementara untuk 9 Juni, Bareng-Bareng Mudik dengan moda kereta akan menggunakan Jaka Tingkir dengan tujuan Purwosari, Solo, kereta api Menoreh dengan tujuan Tawang, Semarang, Gajahwong dengan tujuan Lempuyangan, Yogyakarta dan Majapahit dengan tujuan Malang, Jawa Timur.

- Advertisement -

Para pemudik dengan moda kereta api menyambut baik langkah Pertamina tahun ini. Seperti diungkapkan Misbahul Fakhrudin, warga Jakarta Utara, yang mengaku sering mengikuti kegiatan mudik gratis bareng Pertamina. Namun diperluasnya angkutan mudik dengan kereta api menjadi pengalaman pertamanya.

Para pemudik mulai dilepas oleh Pertamina dengan menggunakan fasilitas kereta api (dok: Pertamina)

“Alhamdulillah, ini kesempatan langka. Mudik naik kereta gratis, tinggal daftar prosedurnya gampang, dan tidak kena macet,” kata pria yang akan mudik ke Bumiayu, Jawa Tengah.

Harapannya tahun depan mudik kereta diperbanyak lagi, agar pemudik lain yang tidak kebagian bisa mendapatkan kesempatan naik kereta api.

Adiatma menambahkan, Bareng Bareng Mudik Pertamina tahun ini yang bertema Energi Silaturahmi, merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial dan wujud apresiasi Pertamina kepada masyarakat.

Selain itu dengan mudik bareng gratis merupakan upaya Pertamina dalam mendukung kampanye keselamatan mudik sekaligus membudayakan penggunaan transportasi umum demi untuk mengurangi kemacetan, serta meminimalisir angka kecelakaan.

Pertamina melepaskan ribuan pemudik menggunakan fasilitas kereta api (dok: Pertamina)

Sementara itu, acara BBM 2018 Pertamina secara massal akan dilaksanakan Sabtu, 9 Juni 2018 dengan menggunakan 122 unit transportasi, dengan perincian 110 unit bis tujuan ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat serta Palembang, 6 kereta api dengan lebih dari 10 kota tujuan di Jawa dan  6 kapal laut dari Makassar dengan 5 kota tujuan yaitu Surabaya, Balikpapan, Lewoleba, Bima dan Bau-bau.

Peserta BBM 2018 berasal dari mitra kerja, mitra CSR, marbot masjid dan masyarakat umum. Selain itu, dalam rangka menyambut Asian Games 2018, BBM tahun ini juga mengikutsertakan komunitas olahraga, diantaranya para mantan atlit, petugas kebersihan dan keamanan gelanggang olahraga serta pengurus organisasi-organisasi olahraga.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER