Pertamina Komitmen Sediakan BBM sesuai Spesifikasi Kendaraan

MONITOR, Riau – PT Pertamina (Persero) semakin giat mensosialisasikan penggunaan BBM non subsidi berkualitas nan ramah lingkungan, seperti Pertalite, Pertamax dan Dexlite. Seperti di Provinsi Riau, Pertamina mengakui masyarakat setempat mulai sadar dan beralih menggunakan jenis BBM ini.

"Kesadaran masyarakat akan manfaat bagi mesin kendaraan dan lingkungan membuat pola konsumsi produk bahan bakar berkualitas makin meningkat," ujar Area Manager Cummunication & Relations Pertamina, Rudi Ariffianto, Rabu (18/10).

Rudi menegaskan, saat ini Pertamina terus berupaya memenuhi kebutuhan BBM masyarakat sesuai dengan spesifikasi kendaraan yang dimiliki. "Sebagai bentuk kepatuhan terhadap regulasi khususnya terkait emisi kendaraan di Indonesia, Pertamina terus berupaya meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan saat ini," tuturnya.

Pertamina sendiri mencatat, di Provinsi Riau penyaluran bahan bakar jenis Pertalite sebanyak 28 ribu kiloliter pada September 2017. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 115 persen bila dibandingkan pada awal 2017 sebesar 13 ribu kiloliter.

Sementara itu, penyaluran premium sebanyak 43 ribu liter pada September 2017. Meski demikian, Pertamina optimis masyarakat akan kedepannya akan lebih menggunakan BBM berkualitas, mengingat sepesifikasi kendaraan sekarang harus menggunakan bahan bakar beroktan tinggi.

"Produk Pertamax Turbo, Pertamina mencatat kenaikan sebesar 31 persen dari 2.900 kiloliter pada Januari 2017 menjadi 3.900 kiloliter pada September 2017. Dan BBM diesel yaitu Dexlite, juga mencatat kenaikan 29 persen dari sebelumnya pada Januari 2017 sebesar 250 kiloliter menjadi 324 kiloliter pada September 2017, Dexlite dengan angka cetane (cetane number) 51 dan kandungan sulfur maksimal 1.200 ppm," pungkas Rudi.