Pertamina Gelar Acara Transformasi Digital Guna Tingkatkan Daya Saing

MONITOR, Jakarta – Dalam rangka meningkatkan kinerja dan daya saing BUMN, Direktorat Sumber Daya Manusia Pertamina melaksanakan Forum Transformasi dengan tema Transformasi Digital. Forum ini diikuti oleh 13 instansi pemerintahan dan BUMN yang berlangsung di ruang Pertamax Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, pada Jumat (29/9).
 
"Di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) ini banyak sekali yang harus kita lakukan. Salah satunya distraksi teknologi. Semua perubahan itu bisa diantisipasi jika sumber daya manusia mau berubah, " ungkap Plt. Direktur SDM Pertamina, Dwi Wahyu Daryoto dalam siaran pers.
 
Menurut Dwi Daryoto, tantangan yang dihadapi dunia bisnis inilah yang mendorong perubahan paradigma. Untuk itulah transformasi di segala bidang harus terus dilakukan. Ia juga menekankan, leader harus bisa mengikuti perubahan dan perkembangan teknologi yang tengah dihadapi saat ini.
 
"Di samping SDM yang berkualitas, teknologi menjadi elemen penting agar perusahaan bisa terus bertahan, berkembang dan berdaya saing tinggi secara global," ujarnya.
 
Berdasarkan data demografi perusahaan yang disampaikan hingga 31 Juli 2017, sebanyak 56% pekerja Pertamina adalah generasi millenials dan 5 tahun berikutnya 24% pekerja akan pensiun.
 
"Jika Pertamina tidak melakukan program akselerasi, maka saya yakin 5 tahun ke depan tidak akan bisa berkembang. Itulah pentingnya akselerasi," tegasnya.
 
Dirinya juga berharap forum ini akan semakin berkembang dengan seluruh BUMN dan instansi pemerintahan bersatu untuk melakukan perubahan.
 
Sementara itu, VP People Management Pertamina, Gustini memaparkan bagaimana menjalankan transformasi di era digital. Menurutnya, teknologi bukan lagi sebagai alat melainkan dapat mengubah perilaku seseorang dengan cepat.
 
Tidak hanya Pertamina, perwakilan dari beberapa BUMN dan instansi pemerintah, yaitu Angkasa Pura II, Bank Mandiri, Bank Indonesia, Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) dan Kementerian Perdagangan juga turut berbagi terkait program transformasi yang telah dilakukan oleh perusahaannya dan dampak positif dari transformasi tersebut.