Pertamina Dukung Penanaman Mangrove dan Budidaya Kepiting Bakau di Teluk Kabung

MONITOR, Jakarta – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I (MOR I) Terminal BBM Teluk Kabung membantu proses rehabilitasi kawasan pesisir di Teluk Kabung, Padang. Bantuan ini bagian dari upaya untuk melestarikan kawasan ekosistem tersebut. Bantuan yang diberikan itu berupa 2.500 bibit mangrove dan 1.500 ekor kepiting bakau. Secara simbolis bantuan senilai Rp 231 juta itu diserahkan Operation Head Terminal BBM Teluk Kabung, Ardiansyah dan diterima Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat, Yosmeri, di Desa Kampung Olo, Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus, Padang, Kamis, (3/8/2017).

Ardiansyah menyatakan, kegiatan ini merupakan komitmen Pertamina berperan aktif dalam pelestarian lingkungan di kawasan pesisir. Terutama  di sekitar wilayah operasi Pertamina.

“Diharapkan langkah ini dapat membantu semakin terjaganya keseimbangan ekosistem kawasan pesisir di Teluk Kabung," kata Ardiansyah.

Disebutkannya, penanaman mangrove di area konservasi perlu dilakukan untuk melindungi garis pantai dari abrasi, mendukung pelestarian lingkungan, dan sebagai pelindung habitat endemik di wilayah pesisir.

Sementara program budidaya kepiting bakau tidak hanya memberikan dampak positif terhadap ekosistem, namun juga dapat memberikan kontribusi secara ekonomi. Masyarakat dapat meningkatkan penghasilan melalui produk-produk olahan mangrove serta olahan kepiting bakau.

Ke depan rencananya akan dibuat kawasan ekowisata hutan mangrove dengan pembangunan infrastruktur guna mengoptimalkan potensi wisata kawasan pesisir di Teluk Kabung. Selain itu juga diupayakan dukungan pemasaran hasil budidaya kepiting bakau.