Kebijakan BI Naikkan Tingkat Suku Bunga Tuai Pujian DPR

1000
Ilustrasi gambar Bank Indonesia

MONITOR, Jakarta – Ditengah melonjaknya nilai kurs dolar Amerika Serikat (AS) saat ini, Bank Indonesia dengan sigap mengambil langkah untuk menaikkan tingkat suku bunga. Kebijakan moneter BI pun menuai apresiasi dari Ketua Komisi XI DPR RI Melchias Markus Mekeng.

Ia menilai, BI telah mengambil langkah yang sangat responsif dalam menghadapi keadaan global. “BI melihat bahwa kita ini tidak hidup sendiri. Jadi mereka mengambil langkah dengan menaikkan tingkat suku bunga, sehingga mengerem larinya uang-uang yang ditanam di Indonesia,” ujar Mekeng kepada wartawan, Kamis (17/1).

Dengan adanya kebijakan menaikkan suku bunga, Mekeng menilai, hal itu akan membuat suku bunga yang ada direm, mulai dari masuknya arus modal balik ke Indonesia, sehingga menguatlah kurs rupiah.

Legislator Partai golkar itu berharap, BI dapat mengelurkan Peraturan BI untuk memaksa orang-orang yang mempunyai devisa di luar negeri untuk memasukkkan ke Indonesia dan ditukarkan ke rupiah.

“Saya berharap BI bisa mengeluarkan peraturan untuk memaksa orang-orang yang mempunyai devisa di luar negeri untuk memasukkan uangnya ke Indonesia dan ditukar ke rupiah. Jadi bukan hanya ditaruh saja di dalam negeri, tapi juga devisa itu ditukar ke bentuk rupiah,” imbuhnya.