Perbaikan Sistem Komunikasi Kabel Laut Telkom Jalur Timika-Merauke Rampung

MONITOR, Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah menyelesaikan perbaikan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) jalur Timika – Merauke, Kamis (8/3) kemarin. Perbaikan itu menjamin layanan telekomunikasi di Papua dan Papua Barat dapat kembali normal dengan kualitas maksimal.

“Setelah kami tuntaskan perbaikan kabel laut Timika – Merauke, infrastruktur backbone telekomunikasi TelkomGroup untuk wilayah Timika, Nabire, Kaimana dan Merauke telah kembali normal.”  Ujar Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, dalam siaran pers, Jum’at (9/3).

Ia menjelaskan Telkom telah mengalihkan layanan Telkom Group menggunakan sistem kabel laut serat optik yang telah pulih seperti semula. Sebelumnya  akses telekomunikasi untuk wilayah Timika, Nabire, Kaimana dan  Merauke, sempat mengalami penurunan kualitas akibat gangguan kabel laut di jalur Timika-Merauke.

“Gangguan terjadi sejak Pada 8 Februari 2018 lalu, sehingga layanan telekomunikasi ditunjang melalui system satelit,” kata Arif menjelaskan.

Proses pemulihan infrastruktur kabel laut tersebut berlangsung selama 25 hari sejakk 11 Februari  hingga  8 Maret 2018, proses itu lebih cepat tiga hari dari jadwal semula yang diperkirakan yaitu selama 28 hari.

Selanjutnya, Telkom memantau secara intensif SKKL di Papua untuk memastikan layanan kepada pelanggan berlangsung secara maksimal.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, khususnya pelanggan setia TelkomGroup di wilayah Papua dan Papua Barat yang telah mendukung upaya recovery,” katanya.