Pantau Harga dan Pasokan, Mendag Enggartiasto Lukito Blusukan Pasar

MONITOR, Malang – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito, pada kunjungan kerjanya ke Malang melakukan blukusukan ke Pasar Oro-oro Dowo, guna memantau kestabilan harga dan memastikan ketersediaan pasokan komoditi di pasar kitaran Malang Jawa Timur.

"Kami terus memastikan ketersediaan pasokan dan stabilitas harga barang kebutuhan pokok dan menjelang Natal 2017 dan tahun baru 2018. Hasil pantauan menunjukkan harga relatif stabil dan pasokan cukup," Kata Mendag Enggar pada release persnya ke MONITOR di Malang, Ahad (26/11).

Mendag menyampaikan, dalam pantauannya harga relatif stabil dibandingkan beberapa waktu lalu. Jika terjadi kenaikan harga lagi, menurutnya pemerintah akan menggelar operasi pasar guna menstabilkan harga. Mendag juga mengapresiasi pengelolaan pasar yang dinilai bersih dan rapi.

"Pasar Oro-Oro Dowo sangat bagus dari segi fisik. Pasar ini juga bersih dan rapi. Pasar ini bahkan dilengkapi dengan Puskesmas dan ruang menyusui. Pasar yang terpelihara dengan baik akan mampu bersaing dengan ritel modern. Dengan kenyamanan seperti ini, saya yakin omzet pasar akan terus meningkat," jelas Mendag.

Mendag lebih lanjut mengingatkan kepada para distributor dan produsen agar bahan pokok harus sudah terdistribusi ke semua daerah pada 1 Desember 2017 guna mengantisipasi kebutuhan perayaan Natal dan Tahun baru.

Hal itu dimaksudkan untuk mengantisipasi cuaca yang kurang bersahabat serta terhambatnya sarana transportasi. Karena Malang sendiri yang merupakan tujuan pariwisata diprediksikan pada akhir tahun meningkat komsumi bahan pokoknya. Oleh karenaya, Pemerintah Pusat akan terus berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Jawa Timur dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pokok.