OJK Berharap Dunia Usaha Benahi Tata Kelola dan Pelaporan Tahunannya

MONITOR, Jakarta – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso ajang Penghargaan Laporan Tahunan atau Annual Report Award (ARA) dapat mendorong dunia usaha untuk membenahi tata kelola dan laporan tahunannya lebih baik lagi.

"Kami tentu berharap agar penyelenggaraan ARA menjadi dasar dan juga motivasi bagi korporasi untuk membenahi tata kelola dan laporan tahunannya ke depan," kata Wimboh Santoso dalam acara ARA 2016 di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (19/9).

Dalam acara yang diselenggarakan OJK, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, dan Kementerian Keuangan itu, Wimboh menuturkan, pihaknya meyakini bahwa penyelenggaraan ARA dapat menjadi relevan, khususnya bagi para regulator.

Wimboh mengatakan, ARA merupakan salah satu cara untuk mengetahui sejauh mana perusahaan telah melaksanakan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) melalui penyajian informasi yang memadai dalam laporan tahunan

"Saya percaya, penerapan GCG yang baik adalah aspek utama untuk membangun fundamental perusahaan yang kukuh. Kinerja keuangan perusahaan tidak akan berkelanjutan bila tidak dilandasi oleh praktik-praktik tata kelola yang baik," kata Wimboh.

Sebagai informasi, Kegiatan ARA tahun ini merupakan kegiatan yang ke-16 sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2002. Kegiatan ARA bertujuan mendorong penerapan GCG melalui keterbukaan informasi.