Munas Asippindo Pilih R.Sophia Alizsa Menjadi Ketua Umum Baru

MONITOR, Jakarta – Musyawarah Nasional (Munas)  Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) yang dilaksanakan di Jakarta pada hari Senin, 14 Agustus 2017 memutuskan R Sophia Alizsa sebagai Ketua Umum Asippindo menggantikan Almarhum Pak Nanang Waskito sampai tahun 2018. R. Sophia Alizsa adalah Direktur Operasional dan Jaringan Perum Jamkrindo.

Sebelumnya, Sophia berkarir di Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan posisi terakhir sebagai Kepala Divisi Jaringan Bisnis Ritel. Karir panjang di BRI yang fokus membiayai segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ditambah dua tahun pengalaman dipercaya menjadi anggota direksi di jamkrindo, membuat sophia sangat memahami bagimana seluk beluk mengenai lembaga keuangan dan UMKM. 

Ketua Dewan Pengawas Asippindo Diding S Anwar, mengatakan kedepan diharapkan Asippindo menjadi mesin penggerak untuk meningkatkan index inklusifitas keuangan khususnya dalam hal akses UMKM kepada lembaga keuangan. Selain itu juga peningkatan profesionalitas SDM anggota Asippindo dan peningkatan layanan prima untuk mitra Asippindo.

"Dengan harapan ini diharapkan perusahaan Penjaminan solid dan  sukses dalam memajukan Perekonomian Nasional melalui Penjaminan UMKMK,"kata Diding.

Anggota Asippindo saat ini berjumlah sebanyak 23 anggota, terdiri dari 1 BUMN, 18 BUMD, 4 perusahaan swasta ,  dengan Jumlah Penjaminan anggota Asippindo per Juni 2017 adalah sebesar Rp 150,88 Triliun.Sekarang sudah ada 23 Perusahaan Penjaminan dimana nanti sedang dalam proses semua Propinsi masing-masing punya Jamkrida.

Sophia Aliza mengucapkan terimakasih, memohon dukungan dari seluruh anggota untuk menjalankan amanat yang diberikan dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan peran Asippindo dalam memajukan industri penjaminan. Asippindo bertekad mendorong akselerasi industri penjaminan di Tanah Air. Potensi bisnis yang masih sangat besar diharapkan bisa segera tergarap seluruhnya. Dengan demikian, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bisa terlayani,"kata R. Sophia Alizsa.