Mulai 13 April, Aprindo Siap Jual Beras sesuai HET

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum APRINDO Roy Mandey menyatakan siap menyediakan beras kualitas premium dengan sesuai HET yang telah ditentukan pemerintah sebesar Rp12.800 per kg pada 13 April 2018.

"Bisa dipastikan kami sudah siap jual sesuai HET dan sekaligus kampanye dengan bentuk spanduk supaya masyarakat tahu harga saat ini adalah harga yang sudah terkendali dan normal," katanya pada konferensi media di kantor Kemendag, Senin (9/4).

Roy menuturkan, akhir tahun 2017 memang terjadi naik turunnya harga beras karena tidak seimbang antara pasokan dan permintaan. Pengusaha ritel sendiri, jelas dia, tidak memiliki pilihan selain ikut menjual sesuai kondisi yang ada di mana harga dari pemasok dan distributor berbeda dari HET yang disepakati.

"Ketika ada kepastian bahwa distributor dan 'supplier' harus jual ke anggota kami sesuai HET yang disepakati maka kami juga pastikan bahwa toko ritel moden juga akan menjual sesuai HET tersebut," katanya.

Di tempat yang sama, Kementerian Perdagangan mewajibkan pedagang pasar tradisional menjual beras medium sesuai ketentuan HET yang bertujuan untuk menjaga stabilitas harga beras di pasar tradisional. Selain juga untuk mengantisipasi naik turunnya harga bahan pangan jelang bulan Ramadan, khususnya beras.

Sebagai informasi, harga beras yang akan disesuaikan dengan ketentuan HET, yakni Rp 9.450 per kilo gram untuk wilayah Jawa, Lampung, Bali, Sumatera Selatan, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan. Kemudian, Rp 12.800 per kilo gram untuk beras premium di Sumatera Selatan. Sementara, wilayah Sumatera lainnya beras medium wajib dijual seharga Rp 9.950 per kilo gram dan beras premium Rp 13.300 per kilo gram.