MSP EXPO Ajak UMKM Hadirkan Hidangan Otentik Indonesia

MONITOR, Jakarta – Indonesia begitu kaya akan keragaman kulinernya. Setiap daearah memiliki kuliner unggulan. Tak terhitung  ragam maupun bahan baku kuliner khas daerah.

Tak sedikit makanan unik dan khas tersebut diproduksi oleh UMKM. Mulai dari usaha mikro yang menjajakan makanan tersebut di pinggir jalan, hingga usaha menengah yang membuka restoran. 

Upaya untuk mengangkat kekhasan kuliner ini coba dilakukan oleh Koperasi Jasa Mitra Sarana Perjuangan (MSP). Kali ini, Koperasi Jasa MSP menyelenggarakan pameran UMKM bertajuk MSP Expo 2017 – The Authentic Taste  of Indonesia. 

Pameran yang akan diselenggarakan di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta pada 7 – 9 Desember 2017 ini diikuti oleh 250 UMKM dari seluruh Indonesia. Kegiatan gratis bagi pengunjung ini menampilkan beragam makanan khas halal dari berbagai daerah Sumatera Utara, Papua, Manado, dan daerah lain di Indonesia.

Contohnya, Naniura. Makanan khas Sumatera Utara ini  memiliki proses pembuatan yang menarik. Ikan mas mentah atau disebut Dekke, dibersihkan terlebih dahulu dari duri dan lendir. Kemudian dimatangkan dengan cara merendamnya dengan air asam Jungga atau jeruk purut. Jadi tidak melalui proses digoreng, dibakar, atau direbus, sehingga kualitas protein ikan mas menjadi lebih utuh karena tidak terkena api sama sekali. 

Pameran ini kali juga menghadirkan makanan kekinian dari para artis. Ada Bandung Makuta Cake milik Laudya Chintya Bella, Gigi Eat Cake punya Nagita Slavina, Vava Cake dari Titi Kamal, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan, bincang-bincang dengan ahli kuliner, William Wongso.

“Tak sekadar mengangkat kuliner khas Indonesia, pameran ini juga mengangkat UMKM agar cepat naik kelas,” kata Emir Moesi, Pembina Kopeasi Jasa MSP. Selain UMKM makanan, pameran ini kali juga mengkutsertakan produk-produk non makanan yang masih terkait dengan kuliner, seperti kerajinan tudung saji dan lain sebagainya.