Menteri BUMN Rombak Susunan Komisaris Holding Perkebunan Nusantara

MONITOR, Jakarta – Pemegang saham Holding Perkebunan Nusantara PT Perkebunan Nusantara III (Persero) telah melakukan perubahan susunan Dewan Komisaris yang dimaksudkan untuk memperkuat fungsi pengawasan perusahaan, dengan memberhentikan Joefly J. Bahroeny sebagai Komisaris Utama dan Dilza Vierson sebagai Anggota Komisaris.

Sebagai anggota Komisaris yang baru, telah diangkat Muhammad Syakir yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Susunan Komisaris sebelum dan setelah dilakukan perubahan adalah :

Semula
Komisaris Utama : Joefly J. Bahroeny
Komisaris : Dilza Vierson
Komisaris : Deddy Fauzi Elhakim
Komisaris : Dahlan Harahap
Komisaris : Deddy Yefri Hanteru Sitorus

Menjadi
Plt. Komisaris Utama : Deddy Fauzi Elhakim
Komisaris : Dahlan Harahap
Komisaris : Deddy Yefri Hanteru Sitorus
Komisaris : Muhammad Syakir

Acara penyerahan keputusan Dewan Komisaris Holding Perkebunan Nusantara 
PT Perkebunan Nusantara III (Persero) berlangsung di Kantor Kementerian BUMN yang dihadiri Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro dan dihadiri Direksi dan Komisaris Holding Perkebunan Nusantara PT Perkebunan Nusantara III (Persero) serta pejabat di lingkungan Kementerian BUMN.

Wahyu mengatakan pergantian komisaris Holding Perkebunan Nusantara PT Perkebunan Nusantara III (Persero) merupakan hal biasa dan sebagai bentuk penyegaran di tubuh organisasi. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada komisaris yang lama atas segala sumbangan pemikiran dan tenaganya untuk Holding Perkebunan Nusantara PT Perkebunan Nusantara III (Persero) yang saat ini menuju arah yang Lebih baik.

Berdasarkan SK tersebut, terjadi pengalihan penugasan Dahlan Harahap dan Deddy Yefri Hanteru Sitorus yang masing-masing diangkat berdasarkan Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-383/MBU/2013 tanggal 21 November 2013 dan Nomor SK-164/MBU/07/2016 tanggal 28 Juli 2016, semula sebagai Komisaris menjadi Komisaris Independen.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Dasuki Amsir juga menyampaikan pergantian jajaran komisaris menitikberatkan pada peningkatan kinerja perusahaan dan penyegaran organisasi serta memperkuat efektivitas perusahaan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas segala sumbangan dan pengabdian baik tenaga maupun pikiran selama memangku jabatan yang membawa perubahan positif dalam proses transformasi holding,” kata Dasuki.

Dasuki optimistis Dewan Komisaris Holding Perkebunan Nusantara PT Perkebunan Nusantara III (Persero) yang baru dapat terus melanjutkan program transformasi untuk meningkatkan kinerja usaha dan perubahan budaya kerja