Mentan Tolak Keinginan Brasil Ekspor Daging Ayam, Tapi…

MONITOR, Jakarta – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menolak keinginan Brasil untuk mengekspor daging ayam ke Indonesia. Namun Amran mengundang negara tersebut untuk berinvestasi di sektor pangan yang lain, seperti pengembangan ternak Sapi.

Menurut Amran, saat ini stok daging ayam di Indonesia tengah dalam kondisi baik alias surplus. Bahkan Indonesia telah mengekspor daging ayam ke enam negara.

"Karena itu keinginan ekspor daging ayam Brasil ke Indonesia dapat mengganggu sistem produksi yang sudah terbentuk dan berjalan dengan baik," kata Amran saat menjamu Wakil Menteri Pertanian Brasil, Eumar Roberto Novacki di ruang kerjannya, Jakarta, Senin (12/2).

Kendati menolak daging ayam asal Brasil, Amran tetap mengundang negeri sepakbola tersebut untuk melakukan investasi di sektor pengembangan ternak sapi dan pengolahan daging ayam Indonesia, termasuk di industri pakan ternak.

Menurut Amran, ekspor indukan sapi dari Brasil akan berdampak baik dalam rangka meningkatkan populasi sapi dan kemandirian dalam pemenuhan konsumsi protein hewani di Indonesia.

"Kami mengundang pihak Brasil untuk berinvestasi di pengembangan ternak sapi di Indonesia," kata Amran.