Melalui Telkom Craft Indonesia, Produk UMKM Diharapkan Naik Kelas

MONITOR, Jakarta – PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) terus mendorong mitra binaan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk naik kelas, salah satu upaya itu yakni melalui acara tahun yang bertajuk Telkom Craft Indonesia (TCI). Dengan acara tersebut diharapkan pelaku UMKM bisa membuka jaringan sekaligus pemasaran produk.

Novi Kurnia, salah satu mitra binaan PT. Telkom Indonesia yang mengikuti event TCI ini berharap kegiatan tersebut bisa semakin memperkenalkan abon 'Cap Koki' dari Purbalingga, Jawa Tengah.

"Harapan kita melalui kegiatan ini, usaha bisa semakin berkembang. Semakin bisa dikenal hingga keluar. Tidak hanya lokal saja, namun hingga ke luar negeri," ujar Novi, saat ditemui di bazar TCI, Jumat (23/3).

Novi menjelaskan, usaha yang dijalaninya saat ini sudah turun temurun dijalani oleh keluarnya. "Awalnya eyang saya, Hj. Achwani, coba-coba membuat menu olahan sapi yang cocok untuk balita. Kemudian turun ke Ibunya Hj. Pujiati Subagyo, cucu dari Hj. Achwani," katanya dengan penuh semangat.

Dia melanjutkan, dalam produksi abon olahannya dirinya selalu konsisten memilih bahan baku, baik daging maupun rempah. Novi juga mempersiapkan pasokan sapi.  Ia tidak ingin menjadi besar sendirian, para petani ia libatkan dalam memelihara sapi.

Event TCI ini diikuti ratusan UMKM mitra binaan PT Telkom Indonesia dari berbagai wilayah di Indonesia.

Ajang ini menjadi moment dan kesempatan bagi mitra binaan untuk membuka pasar yang lebih luas, tidak hanya di Indonesia namun hingga ke luar negeri.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia