Jumat, 19 April, 2024

Melalui Program CSR, Pertamina Bantu KSM Adeli’s Alat Menjahit

MONITOR, Dumai – Pertamina memberikan pelatihan konveksi dan bantuan modal alat kerja kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Adeli’s, Kelurahan Jayamukti, Dumai (9/9). Pelatihan ini merupakan pengembangan dari kegiatan KSM Adeli’s yang berjalan sejak lama.

KSM Adeli’s lahir dari mimpi salah satu warga Kelurahan Jayamukti bernama Ani untuk mempunyai usaha konveksi. Berangkat dari mimpi ini, Ani mengumpulkan beberapa ibu rumah tangga di Kelurahan Jayamukti dan membuka kelompok jahit di garasi rumahnya. Menurutnya, dengan aktivitas menjahit di kelompok ini ibu-ibu jadi memiliki kesibukan di siang hari setelah selesai dengan pekerjaan rumah tangganya, selain mendapatkan penghasilan sampingan.

KSM Adeli’s berangan-angan menjadi usaha konveksi pertama dan dihandalkan di Kota Dumai karena selama ini memang belum ada usaha konveksi di kota tersebut. Kaos dan pakaian selalu dipesan dan didatangkan dari luar Dumai seperti Pekanbaru dan Medan. Dengan modal awal 2 unit mesin bordir bantuan Pertamina melalui PNPM Mandiri pada tahun 2013, KSM Adeli’s melayani pemesanan baju dan kaos seragam. Pesanan biasanya datang dari Pemda kota Dumai. Selain itu KSM Adeli’s juga telah memproduksi dan menjual kerajinan bordir.

Merespon aspirasi KSM Adeli’s, Pertamina melalui program CSR pada hari Sabtu (9/9) memberikan pelatihan konveksi dan bantuan alat kerja berupa 8 unit mesin jahit dan bordir, serta 4 kilogram bahan kain. 

- Advertisement -

“Kami sangat bahagia. Saya pribadi sangat terharu karena mimpi kami perlahan terwujud dengan adanya bantuan mesin jahit dan bordir ini dari Pertamina. Dengan bertambahnya mesin, kami jadi bisa melayani lebih banyak pesanan dalam waktu yang lebih singkat,” ujar Ani.

Dengan bantuan Pertamina yang diberikan hari ini, KSM Adeli’s saat ini telah memiliki 14 unit mesin bordir dan jahit. Dalam program CSR ini, Pertamina menggandeng Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta untuk pendampingan setidaknya selama 5 tahun ke depan.

“Akan menjadi kepuasan dan kebanggaan tersendiri bagi kami bila bantuan Pertamina ini berkontribusi dalam mengembangkan usaha KSM Adeli’s hingga menjadi mandiri, terlebih bila kelak KSM Adeli’s ini menjadi usaha konveksi lokal andalan di Kota Dumai ini,” tutur Pjs. Head of Communication Pertamina RU II Dumai Rika Gresia.

Di sela-sela acara pelatihan dan penyerahan bantuan tersebut, Lurah Jayamukti Abdul Ghafar menyampaikan siap mendukung suksesnya program CSR ini karena sudah menjadi tugasnya untuk turut mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat Kelurahan Jayamukti.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER