Jumat, 29 Maret, 2024

Kunjungi Balai Ekonomi Desa Pertamina, Presiden Jokowi Tinjau Kearifan Lokal

MONITOR, Magelang – Presiden RI Joko Widodo, mengunjungi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Omah Guyub Wringin Putih binaan PT Pertamina (Persero). Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi berkesempatan meninjau kearifan lokal yang ada di Balkondes Wringin Putih diantaranya seni jemparingan atau memanah dan kerajinan batik.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Balkondes Omah Guyub Wringin Putih ini merupakan rangkaian dari kegiatan kunjungan kerja Presiden, ke beberapa lokasi Balkondes yang dibina oleh BUMN melalui program "BUMN Hadir Untuk Negeri" sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, untuk memajukan masyarakat sekitar dengan mengangkat potensi lokalnya.

Menurut VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, keterlibatan Pertamina tidak lepas dari komitmen perusahaan untuk berpartisipasi langsung pada kelestarian budaya. “Dengan terlibat dalam pengembangan Balkondes ini, sebetulnya Pertamina juga berpartisipasi pada kelestarian budaya, terutama budaya lokal,” ujarnya.

Balkondes Wringin Putih yang berada di Kabupaten Magelang, merupakan salah satu potensi wisata lokal yang berfungsi sebagai sentra penggerak perekonomian dan galeri potensi Desa. Keunggulan yang ditawarkan disini yakni kearifan lokal masyarakat setempat dimana interaksi sosial untuk mempererat persaudaraan dan gotong royong (guyub) antar warga Desa yang terus dipelihara. Sejalan dengan hal tersebut konsep pengembangan perekonomian yang disusun, yakni mengembangkan Omah Guyub Wringin Putih sebagai tempat menginap, restoran dan pusat budaya lokal.

- Advertisement -

Budaya lokal yang ditawarkan antara lain arsitektur dan desain halaman Omah Guyub yang apik. Didominasi kayu dan bambu, dimana pengunjung seakan-akan bersatu dengan alam. Selain menginap dan menikmati keindahan alam, ada banyak hal yang bisa dilakukan di seputaran Omah Guyub ini.

Diantaranya adalah membatik, jemparingan, latihan menari, mengembangkan kerajinan tangan khas daerah, dan sebagainya. Balkondes Omah Guyub Wringin Putih memiliki fasilitas mulai dari penginapan yang memiliki 20 kamar tidur, terdiri dari 4 rumah tipe single (1 bedroom), 2 rumah tipe double (2 bedroom), 4 rumah tipe family (3 bedroom). Selain itu juga ada restoran yang menyuguhkan hidangan dari resep tradisional yang dikelola oleh ibu-ibu warga setempat . Omah Guyub juga dilengkapi dengan ruang pertemuan, perkebunan dan peternakan yang memungkinkan interaksi dengan alam secara langsung.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER