Kuartal Keempat 2017, Facebook Klaim Jumlah Pengguna Bulanan Naik 14 Persen

MONITOR, Jakarta – Situs jejaring sosial milik Mark Zuckerberg, baru saja merilis laporan keuangannya untuk kuartal keempat tahun 2017. Facebook  mencatat menurut data per 31 Desember 2017, rata-rata pengguna aktif bulanan Facebook mencapai 2,1 miliar, naik sebesar 14% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sedangkan, pengguna aktif harian rata-rata mencapai 1,4 miliar orang menggunakan Facebook setiap hari, naik 14% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

CEO Facebook, Mark Zuberk mengatakan  pada tahun 2017 merupakan tahun yang berat bagi Facebok, akan tetapi menjadi tahun yang  luar biasa.

 "Di tahun 2018 ini, kami berfokus untuk memastikan bahwa Facebook tidak hanya menyenangkan untuk digunakan, tetapi juga bermanfaat bagi kesejahteraan orang dan juga masyarakat. Kami melakukan hal tersebut dengan mendorong hubungan yang lebih bermakna antar pengguna dibandingkan konsumsi pasif untuk konten," Kata Mark dalam keterangan tertulis.

Pada kuartal terakhir tahun 2017, Facebook telah membuat perubahan untuk menampilkan lebih sedikit video viral,  hal tersebut bertujuan agar memastikan orang menghabiskan waktu dengan baik di Facebook. 

"Secara total, perubahan yang kami lakukan telah mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan pengguna di Facebook hingga lebih dari 50 juta jam per hari. Dengan berfokus pada hubungan yang bermakna, komunitas dan bisnis kami akan semakin kuat untuk jangka waktu yang lebih panjang," kata founder Facebook tersebut melalui press release. 

Selain itu, Facebook juga meluncurkan WhatsApp Bisnis, sebuah aplikasi yang didesain secara khusus bagi bisnis kecil dan menengah untuk terhubung dengan konsumen yang ingin mereka jangkau.

Hal tersebut dilakukan karena, Facebook melihat  penggunaan akses WhatsApp setiap bulannya mencapai 1,5 miliar. 

Lebih dari dari 60 juta pesan setiap harinya terkirim melalui aplikasi tersebut. Pertambahan tersebut terjadi di antara pengguna reguler dan bisnis.

Secara global, lebih dari 70 juta bisnis menggunakan Facebook. Lebih dari 2 juta pengiklan aktif beriklan di Instagram dan lebih dari dari 25 juta bisnis memiliki profil bisnis di Instagram.