Jumat, 29 Maret, 2024

Korea Ingin Memperkuat Kerja Sama Industri dengan Indonesia

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Korea Selatan menyatakan bahwa penguatan kerja sama dengan Indonesia pada saat ini menjadi penting. Salah satu yang difokuskan adalah pengembangan industri baik skala besar maupun kecil dan menengah. Hal ini dikatakan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

“Presiden Moon tadi manyampaikan hal tersebut, karena selama ini Korea bekerja sama dengan Rusia, Jepang, dan China. Mereka sedang membuat kebijakan untuk bersinergi dengan ASEAN termasuk Indonesia,” kata Airlangga usai menghadiri Indonesia-Korea CEO Roundtable di Jakarta, Kamis (9/11).

Pada forum diskusi yang diselenggarakan oleh KADIN Indonesia ini, dengan disaksikan oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, pelaku industri kedua negara yang hadir berminat untuk saling meningkatkan kerja sama. “Presiden Moon memberikan apresiasinya. Sektor industri yang potensial, antara lain baja, petrokimia, pakan ternak, tekstil, dan alas kaki,” ujar Airlangga.

Dari pertemuan ini, Menperin juga menyatakan, ada harapan besar bagi para pengusaha lokal mendapatkan mitra bisnisnya dari Negeri Ginseng tersebut. “Beberapa pengusaha Korea tadi menceritakan pengalaman baiknya yang selama ini telah berinvestasi di Indonesia. Mereka melihat, dengan potensi anak muda Indonesia, mereka ingin menjadi partner dari perkembangan ekonomi Indonesia,” imbuhnya.

- Advertisement -

Menperin mengungkapkan, pihaknya terus mendorong realisasi investasi dari para pelaku industri Korea Selatan yang berkomitmen ingin menanamkan modalnya di Indonesia. Misalnya, Lotte Chemical Titan yang akan berinvestasi sebesar USD3,5 miliar di Cilegon, Banten untuk memproduksi naphtha cracker dengan total kapasitas sebanyak dua juta ton per tahun. Bahan baku kimia tersebut diperlukan untuk menghasilkan ethylene, propylene dan produk turunan lain.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER