Kamis, 25 April, 2024

Kontribusi Industri Perhiasan Dinilai Cukup Signifikan

MONITOR, Jakarta – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, industri perhiasan dalam negeri telah mampu bersaing di pasar internasional dengan desain dan produknya yang berkualitas unggul. Industri ini bahkan diakuinyaa, telah memberikan kontribusi cukup signifikan bagi perekonomian nasional.

"Industri perhiasan mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional. Sektor ini akan kami terus pacu pengembangannya karena padat karya berorientasi ekspor dan mempunyai daya saing yang kuat," ujar Menteri Airlangga, Kamis (26/10).

Berdasarkan data tahun 2015, jumlah unit industri perhiasan dan aksesoris di dalam negeri mencapai 36.636 perusahaan dengan nilai produksi sebesar Rp10,45 triliun. Sektor ini menyerap tenaga kerja sebanyak 43.348 orang dan menghasilkan devisa melalui ekspor sebesar USD3,31 miliar.

Untuk itu, Airlangga menyatakan bahwa pihaknya telah memfasilitasi penguatan kerja sama antara industri perhiasan dalam negeri dengan perusahaan jam tangan asal Swiss.

- Advertisement -

Langkah sinergi bilateral ini diharapkan dapat berdampak positif bagi pengembangan IKM di dalam negeri. Pasalnya, industri perhiasan didominasi oleh sektor IKM yang tersebar di berbagai sentra pengrajin di Indonesia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER