Jumat, 29 Maret, 2024

Konsumsi BBM Berkualitas Tinggi Makin Meningkat

MONITOR, Jakarta – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) berkualitas tinggi semakin melaju seiring kesadaran konsumen terhadap komoditas tersebut yang kian meningkat.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito di Jakarta, Senin (21/8/2017), mengungkapkan penjualan BBM berkualitas tinggi baik jenis gasoline maupun diesel menunjukkan perkembangan yang makin menggembirakan. "Semakin tingginya penjualan BBM berkualitas tinggi ini mengindikasikan tahapan yang sudah dijalankan Pertamina sejauh ini on the track," katanya.

Pertamina, tambahnya, berkomitmen untuk terus dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan juga comply terhadap tuntutan global untuk dapat menyediakan BBM yang lebih ramah lingkungan.

Sebagai gambaran, porsi diesel berkualitas tinggi dan rendah juga mengalami perubahan cukup signifikan. Pada periode Januari-Juli 2016, dari total penjualan BBM jenis diesel, porsi Solar, yang berkualitas rendah, masih sebesar 98,9 %, sedangkan jenis diesel berkualitas tinggi yakni Pertamina Dex hanya 0,9 %, dan Dexlite 0,2 %.

- Advertisement -

Penjualan BBM jenis diesel periode Januari-Juli 2017, menunjukkan porsi Solar turun menjadi 96,8 %, sementara Dexlite naik menjadi 2 %, dan Pertamina Dex meningkat menjadi 1,2 %.  Persentase kenaikan Dexlite pada periode Januari-Juli 2017 dibandingkan dengan periode yang sama 2016 hampir mencapai 1000%, sedangkan Pertamina Dex tumbuh 57,6%.

"Berdasarkan data-data volume penjualan dan pergeseran konsumsi BBM tersebut menunjukkan kesadaran konsumen akan BBM yang berkualitas tinggi dan lebih ramah lingkungan makin meningkat," kata Adiatma.

Adiatma menjelaskan penjualan gasoline berkualitas tinggi terutama jenis Pertalite (RON 90) dan Pertamax (RON 92) serta diesel jenis Dexlite dan Pertamina Dex mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Penjualan BBM berkualitas jenis Pertalite selama Januari-Juli 2017 meningkat 363,7 % dibandingkan periode sama 2016. "Kenaikan penjualan Pertalite ini tercatat lebih dari tiga kali lipat," katanya.

Penjualan Pertamax meningkat 53,7 %  dibandingkan periode yang sama 2016. "Secara total, penjualan BBM berkualitas jenis Pertamax Series (Pertamax, Pertamax Racing, dan Pertamax Turbo) mengalami peningkatan 60,9%," ungkapnya.

Data periode Januari-Juli 2016 menunjukkan, dari total penjualan gasoline, porsi BBM berkualitas rendah jenis Premium masih mencapai 79,6 %, dilanjut BBM berkualitas tinggi jenis Pertamax series sebesar 11,4 % dan Pertalite yang hanya 9 %. "Namun, selama Januari-Juli 2017, dari penjualan gasoline 18,8 juta kiloliter, porsi Premium merosot menjadi hanya 41,6 %, sedangkan BBM berkualitas tinggi jenis Pertalite melonjak drastis menjadi 40,6 %, dan Pertamax series juga meningkat menjadi 17,8 %," katanya.

Secara total, menurut dia, penjualan BBM seluruh jenis selama periode Januari-Juli 2017 meningkat 5,7 % dibandingkan Januari-Juli 2016 yang terdiri atas gasoline naik 2,9% dan diesel meningkat 12,8%.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER