Kondisi Global Bayangi Gerak Indeks Harga Saham Gabungan

Ilistrasi IHSG (Foto: dok radar lampung.com)

MONITOR, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Senin (6/8) dibayangi tekanan akibat kondisi faktor global dengan bergerak pada level support 5.993 dan resistance 6.023.

“Normalisasi ekonomi AS yang dapat menjadi sinyalemen kenaikan suku bunga The Fed serta perang dagang AS dan Tiongkok yang belum ada habisnya, membayangi tekanan pasar global dan sentimen ini dapat memberatkan bagi IHSG untuk melaju ke teritorial positif,” ungkap Riset PT Valbury Sekuritas di Jakarta.

Di sisi lain, sentimen pasar dari luar negeri, para pejabat tertinggi keamanan nasional menyatakan keprihatinan atas upaya Rusia yang ikut campur dalam Pemilu mendatang. Kendati satu sisi para pejabat tertinggi AS ini juga meyakinkan masyarakat bahwa langkah-langkah tegas dalam mengatasi hal itu sedang diambil.

Untuk saham yang layak diperhatikan pada perdagangan hari ini antara lain PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN).