Komisi VII Dukung Pertamina jadi BUMN yang Kuat

MONITOR, Jakarta – Komisi VII DPR mendorong penuh PT Pertamina (Persero) untuk menjadi BUMN yang kuat di negeri ini. Dukungan ini disampaikan langsung Ketua Panja Komisi VII Herman Khaeron saat memimpin Panja Migas kunjungan ke kantor Pertamina.

"Kami mendorong agar Pertamina ini menjadi BUMN yang kuat, yang menunjukkan kebesaran sebuah negara. Indonesia ini kan negara besar, ya harus kuat pertaminanya," ujar Herman, baru-baru ini.

Ketika tim Panja meninjau lokasi control room Pertamina, Herman menyatakan ada hal yang perlu diperbaiki. Misalnya, integrasi antara sektor hulu dan hilir agar termonitor dalam satu ruangan.

"Bagaimana Pertamina mengintegrasikan dengan hulu, supaya semua persoalan termonitor dalam satu ruangan. Room Controlnya harus segera diperluas," papar Politisi PAN ini.

Kepada Pertamina, Herman mengaku pihaknya menyambut baik misi yang tengah dicanangkan Presiden Joko Widodo untuk membangun Pertamina agar bisa menyaingi Petronas.

Baginya, wacana yang dilontarkan Presiden itu harus direspon baik oleh Pertamina untuk segera direalisasikan.

"Komisi VII selalu berusaha untuk kemajuan Pertamina, kalau kemampuan pertamina semakin turun tentu ini akan memperlemah akselerasi investasi, dan dalam jangka waktu yang panjang ini juga akan mengurangi deviden negara," tegasnya.