Rizal Ramli: Perbaiki Dulu Badan Ekonomi Kita, Jangan Kibulin Rakyat Terus

MONITOR, Jakarta – Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli mengungkapkan ada beberapa faktor yang menyebabkan perekonomian Indonesia menjadi sangat melemah.

Salah satunya dikatakan Rizal, karena faktor current account atau transaksi berjalan defisit. Selain itu service account yaitu pembayaran bunga defident keluar negeri banyak sekali negatif. Lalu ditambahkan dia, adanya balance yaitu keseimbangan premier di fiskal itu negatif.

“Artinya kalau saudara punya credit card buat bayar bunga aja nggak bisa masih hutang lagi buat bayar bunga itu namanya primary balancenya negatif,” ujar Rizal Ramli saat ditemui di kompleks parlemen Senayan, Kamis (3/5).

Mantan Menko Perekonomian Perekonomian di era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gusdur) tersebut lantas mengimbau agar Indonesia saat ini fokus memperbaiki ekonominya, sehingga apabila ada gangguan dan efek dari eksternal maka tidak akan mengancam kestabilan ekonomi dalam negeri.

“Jadi perbaiki dulu badan ekonomi kita menjadi kuat dan tangguh kita ke negara yang ada virus, atau negara lain lewat kita kena virus nggak ada masalah. Jadi jangan kibulin terus rakyat,” tukasnya.