Jumat, 26 April, 2024

Kepulangan Tim BRI-WISSEMU Reaching Denali Summit Disambut dengan Meriah

MONITOR, Jakarta – Tim BRI-WISSEMU (The Women of Indonesias Seven Summits Expedition Mahitala-Unpar) Reaching Denali Summit  telah berhasil membawa nama harum bangsa Indonesia di kancah pendakian dunia. Tepat pada pukul 23.00 WIB, Jumat, 21 Juli 2017 para tim pendaki telah menginjakkan kakinya kembali di Indonesia setelah sebelumnya mendaki puncak tertinggi di Amerika Utara, Denali.

Kepulangan ini membawa berita gembira, bahwa tim yang tergabung dalam BRI-WISSEMU REACHING DENALI SUMMIT Indonesia behasil mengibarkan bendera Merah Putih di ketinggian 6.190 mdpl. Gunung Denali merupakan puncak tertinggi di lempeng benua Amerika Utara, Alaska, pada tanggal 1 Juli 2017 pukul 19.40 waktu setempat atau 2 Juli 2017 pukul 22.40 WIB.

Gunung Denali merupakan gunung ke-6 dari rangkaian 7 puncak tertinggi di 7 lempeng benua Dunia yang telah dilalui Tim BRI-WISSEMU. Lima lempeng benua berbeda yang telah dilalui Tim WISSMEU yaitu Gunung Carstensz Pyramid (4.884 mdpl) yang mewakili Lempeng Australasia pada 13 Agustus 2014, Gunung Elbrus (5.642 mdpl) yang mewakili Lempeng Eropa pada 15 Mei 2015, Gunung Kilimanjaro (5.895 mdpl) yang mewakili Lempeng Afrika pada 24 Mei 2015, Gunung Aconcagua (6.962 mdpl) yang mewakili Benua Amerika Selatan pada 30 Januar 2016, dan Gunung Vinson Massif (4.892 mdpl) yang mewakili Lempeng Antartika pada 5 Januari 2017.

Untuk mencapai puncak Gunung Denali, Tim BRI-WISSEMU telah melalui perjalanan panjang kurang lebih 13 hari terhitung sejak tanggal 19 Juni 2017. Memulai perjalanan dari Denali Basecamp (2.194 mdpl) pada 20 Juni 2017, Tim melanjutkan perjalanan ke Camp 1 (2.377 mdpl) keesokan harinya. Sebelum akhirnya mencapai High Camp (5.242 mdpl), tim sempat menghabiskan 8 hari di Camp 2 (3.413 mdpl) dan Camp 3 (4.328 mdpl). Di setiap camp tersebut tim melakukan load-carry, hal ini dilakukan untuk meringankan beban dan mempercepat pergarakan tim, sekaligus proses aklimatisasi untuk beradaptasi dengan lapisan udara yang semakin tipis di setiap camp.

- Advertisement -

Keberhasilan mencapai Puncak Gunung Denali di Amerika Utara ini juga menandakan keberhasilan Tim BRI-WISSEMU dalam mencapai puncak ke-enam dari tujuh gunung dalam track Seven Summits. Dengan ini pula, Tim BR-WISSEMU mencatatkan diri sebagai dua perempuan Indonesia pertama yang menapakkan kakinya di Puncak Gunung Denali. 

Dalam kegiatan ini, Bank BRI memberikan dukungan penuh untuk perjalanan dua mahasiswi Indonesia pertama yang berhasil menapakkan kakinya di Puncak tertinggi di Antartika dan Amerika Utara.

"Dukungan ini merupakan bentuk Komitmen Bank BRI untuk terus menerus mendukung generasi muda Indonesia di tingkat Internasional sehingga mampu mengharumkan nama bangsa," ujar Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso.

Semangat dan spirit para pendaki dari Tim WISSEMU selaras dengan semangat Bank BRI yang selalu ingin menjadi pionir yang berani dalam menghadapi setiap tantangan. "Melihat perjalanan ekspedisi yang mereka lalui seperti melihat sejarah perjalanan Bank BRI yang sejak  dulu terus berupaya menembus batas untuk menjangkau yang tidak terjangkau dan melayani yang tidak terlayani. Hal tersebut merupakan representasi Bank BRI untuk menjadi yang selalu terdepan dan sebagai bank yang senantiasa menorehkan inovasi," pungkas Hari Siaga. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER