Kemenperin Dorong Industri Kapal Tingkatkan Kualitas Produksi

MONITOR, Jakarta – Dalam acara Peluncuran Kapal Perintis Tipe 1.200 GT “KM Sabuk Nusantara 93”, Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian Soerjono menyatakan, Pemerintah telah mengalokasikan anggaran bagi pembangunan kapal-kapal negara untuk memenuhi kebutuhan moda transportasi laut di dalam negeri.

Dia menjelaskan, momentum ini semestinya dapat dimanfaatkan oleh industri perkapalan nasional. Apalagi hal itu merupakan peluang yang potensial untuk meningkatkan kemampuan dan utilisasi khususnya untuk pembangunan armada baru.

"Diharapkan dengan adanya proyek-proyek pembangunan kapal baru tersebut, dapat juga memacu penyerapan tenaga kerja serta yang lebih penting adalah kemampuan dalam meningkatkan penguasaan teknologi," ujar Soerjono di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (17/10).

Kapal perintis yang dipesan Kementerian Perhubungan ini merupakan salah satu komitmen pemerintah dalam membangun tol laut dan menempatkan sektor maritim sebagai program prioritas pembangunan nasional. Hal ini pun sekaligus untuk memperkuat visi Indonesia menjadi poros maritim dunia.

"Kami sangat mengapresiasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang telah memberikan kepercayaan bagi industri perkapalan dalam negeri untuk melaksanakan pembangunan kapal tersebut. Ke depannya, kami berharap, kesempatan seperti itu dapat terus diberikan kepada industri perkapalan kita sehingga akan semakin berdaya saing," paparnya.

Adapun spesifikasi kapal ini, yaitu memiliki panjang seluruhnya 62,8 meter, tinggi 4 meter, dan lebar 12 meter dengan kemampuan daya mesin utama 2 x 1100 HP serta dapat menampung 36 awak kapal dan 404 orang penumpang.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia