Kemenkop UKM Fasilitasi Promosi Pelaku UKM via Media Sosial

MONITOR, Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM membuka dan menginisiasi kanal promosi produk UKM di media sosial meliputi instagram, twitter, dan facebook bernama Pasar Senen UKM.

Kepala Bagian Humas Kemenkop UKM Dharmono mengatakan inisiasi promosi melalui media sosial dengan nama Pasar Senen telah dimulai sejak sebulan terakhir.

“Kami ingin membantu para pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya melalui jaringan media sosial kementerian kami,” kata Dharmono melalui siaran pers, Minggu (2/7/2017).

Dalam sebulan terakhir, kata dia, lebih dari 100 pelaku UMKM turut serta dalam program tersebut dengan potensi yang melihat lebih dari 1 juta akun instagram.

Ia mengatakan, bagi UMKM yang ingin turut serta dalam program tersebut cukup dengan bergabung di instagram #pasarsenenUKM.

“Silakan memfollow media sosial @KemenkopUKM di instagram, twitter, dan facebook,” katanya.

Dharmono juga menyaratkan agar produk UKM merupakan buatan asli Indonesia dan tidak melanggar ketentuan hukum.

“Foto produk harus jelas, asli, dan tidak mengambil foto orang lain,” pungkas Dharmono.

Pelaku UMKM juga harus memberikan detail informasi produk dan kontak yang dapat dihubungi.

Cara mengikuti program #pasarsenenUKM juga cukup mudah yakni hanya dengan mention foto produk ke instagram @KemenkopUKM dan tag kepada lima teman dengan menggunakan hashtag #KemenkopUKM dan #pasarsenenUKM.

“Kemudian upload foto setiap hari Senin mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB,” ujar dia.

Produk yang telah dipilih oleh @KemenkopUKM akan dipromosikan pada hari Senin pukul 12.00 sampai 20.00 WIB. Foto yang dipilih mutlak keputusan @KemenkopUKM.

Berbagai produk yang dipromosikan di #pasarsenenUKM selama ini meliputi produk kuliner, fesyen, aksesories, hasil perikanan, kerajinan tangan, dan lain-lain.