Jumat, 19 April, 2024

Kemendag dan Ditjen PEN Komitmen Dukung UMKM Tingkatkan Ekspor

MONITOR, Jakarta- Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) berkomitmen mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) untuk tingkatkan ekspor di era Revolusi Industri 4.0. Salah satunya dengan menggelar seminar bertema ‘Digital Marketing in Fostering Indonesian SMEs’ Export Business’ di Tangerang, Banten, kemarin.

Pelaksanaan seminar tersebut merupakan hasil kerja sama Ditjen PEN dan Korea International Trade Association (KITA) yang merupakan implementasi dari Joint Statement on Trade and Business Cooperation kedua belah pihak yang ditandatangani pada 4 April 2017 di Jakarta.

“Pemasaran digital perlu disosialisasikan secara luas kepada para pelaku usaha, khususnya UKM, sehingga dapat dipahami dan dimanfaatkan secara efektif sebagai upaya menunjang perluasan akses produk Indonesia ke pasar global,” ujar Marolop Nainggolan selaku Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor.

Dalam pembukaan seminar yang diikuti lebih dari 40 pelaku usaha dari berbagai sektor. Di era revolusi industri keempat ini, kata Marolop, segala hal dapat dikendalikan dari segala tempat melalui jaringan internet.
“Sistem ekonomi dunia saat ini tidak hanya menggeser model pemasaran bisnis yang konvensional menjadi digital, tetapi juga mengubah perilaku konsumen menjadi gemar berbelanja daring. Namun, hal ini bisa menjadi peluang jika para pelaku usaha mampu menghadapi perubahan ini,” tandasnya.

- Advertisement -

Internet dan niaga elektronik berkembang cukup pesat di Indonesia. Potensi transaksi yang bisa dicapai melalui sistem elektronik juga sangat besar mengingat sebanyak 132,7 juta orang dari total 256 juta jiwa populasi Indonesia adalah pengguna internet. Hal ini tentunya membuka peluang bagi pelaku usaha Indonesia untuk lebih agresif dalam menggunakan sarana digital guna memasarkan produknya dan menjaring potensi konsumen lebih besar, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan nilai ekspor Indonesia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER