Kembangkan ‘Taspen Smart Card’, PT Taspen Gandeng Telkom Group

MONITOR, Jakarta – PT Tabungan Asuransi Pensiun atau TASPEN (Persero), bekerja sama dengan Telkom Group dan mitra bayar pensiun membuat terobosan “Taspen Smart Card”.

“Kartu digital untuk pembayaran pensiun ini adalah yang pertama kali di Asia Tenggara. Para pensiunan tidak perlu lagi mengantre 3-4 jam di kantor Taspen atau mitra bayar pensiun setelah menggunakan Taspen Smart Card ini karena 3 menit transaksi beres,” jelas Iqbal Latanro, seperti dilansir swa.co.id.

“Tujuan diperkenalkannya kartu ini adalah digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun,” ujar Judi Achmadi, CEO Telkomsigma, anak perusahaan Telkom yang dipercaya mengerjakan proyek Taspen Smart Card.

Selain itu, kartu ini adalah salah satu bentuk dari misi TASPEN, yaitu menjadi pengelola dana pensiun dan tabungan hari tua serta jaminan sosial lainnya yang terpercaya dan memenuhi target pembayaran manfaat pensiun sesuai prinsip 5 T: tepat orang, tepat waktu, tepat jumlah, tepat tempat dan tepat administrasi.

Adapun pemanfaatan teknologi melalui digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun meliputi pengembangan sistem New e-Dapem, dan penerapan Taspen Smart Card secara nasional di mitra bayar dengan menggunakan otentikasi online terpusat dengan berbasis data biometrik seperti sidik jari (finger print), perekaman wajah (face recognition), dan perekaman suara (voice recognition).

“Pemanfaatan teknologi itu dapat dijadikan sebagai bentuk proof of life (pembuktian penerima pensiun masih hidup) yang dapat diakses melalui aplikasi mobile, dapat di-install pada smartphone (otentikasi mandiri/ self authentication) penerima pensiun atau mitra bayar sehingga dapat mempermudah proses otentikasi agar lebih cepat, dan akurat,” jelas Judi.

Dinamika perkembangan teknologi mendorong TASPEN memanfaatkannya dalam rangka mempermudah otentikasi peserta, monitoring dan reporting terhadap penyelenggaraan pembayaran pensiun. Tentunya ini akan mempermudah proses rekonsiliasi dan pelaporan, mempercepat layanan pensiun, penyajian laporan lebih cepat dan terukur.

Terobosan ini juga bentuk pertanggungjawaban kepada pemerintah dalam mengelola dana pensiun ASN, sehingga meminimalisir terjadinya fraud. Tidak hanya itu, TASPEN pun memberikan nilai tambah melalui Taspen Smart Card yang berfungsi sebagai kartu identitas pensiun dan kartu ATM atau debit, serta program loyalty / diskon pada merchants yang bekerja sama dengan TASPEN maupun mitra bayar.

Yang jelas, melalui sinergi BUMN antara TASPEN dan Telkom Group ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kinerja dan benefit kedua perusahaan, tapi sekaligus memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Direksi Telkom Group menyampaikan terkait infrastruktur yang dibangun untuk mendukung digitalisasi pelayanan pembayaran pension bersama TASPEN. Wujudnya, pengembangan infrastruktur untuk sistem new e Dapem dan enrollment.

“Terkait pengembangan insfrastruktur eksisting yang terintegrasi dengan seluruh mitra bayar dengan satu aplikasi secara online, yang juga dapat diintegrasikan melalui perangkat verifikasi/otentikasi berupa device pada mitra bayar dan peserta TASPEN,” ungkap Dian Rachmawan, Direktur Enterprise & Business Service Telkom.

Sedangkan mengenai enrollment, perusahaan telekomunikasi itu menyiapkan infrastruktur seperti perangkat data perekaman, aplikasi, jaringan dan lisensi biometrik termasuk instalasi konfigurasi sampai implementasinya.

Di era digital ini, sinergi BUMN antara TASPEN, Telkom serta mitra bayar pensiun menunjukkan komitmen serta konsistensi perusahaan dalam mewujudkan layanan yang melebihi harapan peserta dan melakukan efisiensi perusahaan.

“Dengan peluncuran Taspen Smart Card ini, kami akan aktif menyosialisasikan enrollment terhadap para penerima pensiun, instansi pemerintah pusat dan daerah, serta organisasi pensiunan. Semakin aktif dan banyak peserta yang terdaftar, maka akan semakin mudah dalam monitoring dan reporting pembayaran pensiun, khususnya peserta dapat segera menikmati kemudahan dalam melakukan self authentication melalui aplikasi smartphone-nya,” jelas Iqbal.

Ke depan, TASPEN juga akan melakuka kerja sama dengan pihak lain untuk implementasi Taspen Smart Card, seperti bekerja sama dengan kereta api KAI, bus Transjakarta, dan maskapai penerbangan.