Sabtu, 20 April, 2024

Jelang Lebaran, Jalan Tol Solo-Ngawi Segera Dioperasikan

MONITOR, Solo – Ruas tol Solo-Ngawi Segmen Kartasura–Sragen telah mendapatkan surat laik operasi dan dapat dioperasikan sebagai jalan tol.

Hal ini berdasarkan surat Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. JL.10-10-Db/589 tanggal 28 Mei 2018.

“Meski begitu, kami selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang membangun jalan tol sepanjang 90,25 Km tersebut harus melakukan sosialisasi, terkait keberadaan jalan tol sebelum dilakukan penetapan tarif oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perubahan Rakyat (PUPR),” ujar Direktur Utama JSN, David Wijayatno, Minggu (3/6).

Rencananya, jalan tol yang tergabung dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut dioperasikan fungsional menjelang pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran 2018.

- Advertisement -

“Hal ini bisa menjadi salah satu upaya sosialisasi yang dilakukan oleh PT JSN,” tambahnya.

Diketahui, dukungan infrastruktur jalan tol Solo-Ngawi menjadi salah satu upaya dalam memecah masalah transportasi darat dan konektivitas baru yang dapat berdampak positif bagi ekonomi kawasan secara umum.

Jalan Tol Solo-Ngawi ini juga dilengkapi dengan lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Kartasura (Ngasem), GT Solo (Klodran), GT Karanganyar (Kebakkramat), GT Sragen (Pungkruk), dan GT Ngawi (Kota Ngawi).

Untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses jalan tol, PT SNJ juga mempersiapkan simpang susun di GT Bandara Adi Soemarmo Boyolali, GTl Purwodadi, dan GT Sragen Timur.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER