Jelang Asian Games 2018, Pasokan Listrik Sumsel ‘Over Suplay’

MONITOR, Palembang – Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi VII DPR Gus Irawan Pasaribu memastikan PT PLN (Persero) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) siap dalam peningkatan dan pendistribusian listrik guna menyambut perhelatan acara Asian Games 2018.
 
“Sebagai daerah yang terus melakukan pembangunan, apalagi  pada tahun depan akan menjadi tuan rumah Asian Games untuk pesta olah raga di tingkat Asia, maka kondisi kelistrikan di Provinsi Sumatera Selatan sejauh ini dipastikan siap untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan Asian Games serta mengimbangi percepatan pembangunan dan pengembangan wilayah,” tegas Gus Irawan usai memimpin kunjungan kerja Komisi VII DPR ke Palembang, Sumsel, Kamis( 14/12) lalu, seperti dilansir situs resmi DPR RI.
 
Lebih lanjut, kata Gus Irawan, hal tersebut harus menjadi perhatian dan tantangan tersendiri bagi PT PLN (Persero) untuk bagaimana secepatnya mempersiapkan dan menjamin pasokan dan kehandalan kelistrikan di Sumatera Selatan.
 
“Terlebih lagi di Provinsi Sumatera Selatan sebagai daerah yang sedang melakukan pembangunan dan pengembangan serta secara khusus di Palembang nanti akan menjadi tuan rumah Asian Games pesta olah raga tingkat Asia sekaligus akan menjadi sorotan dunia internasional,” ungkap politisi F-Gerindra tersebut.
 
Senada dengan Gus Irawan, Anggota Komisi VII DPR Tamsil Linrung turut memastikan kondisi kelistrikan Sumsel siap untuk menyambut Asian Games 2018. “Saya kira sudah tidak ada masalah, kelistrikannya sangat aman. Bahkan cadangannya saja cukup berlebih untuk bisa mengantisipasi semua itu. Transmisi pun juga sudah terselesaikan semua terkait dengan Asian Games,” jelasnya.
 
Dalam pertemuan tersebut Direktur Bisnis Regional Sumatera, Wiluyo Kusdwiharto mengungkapkan kondisi listrik di Sumsel bisa dikatakan sudah aman bahkan over supply, sehingga tidak ada lagi pemadaman listrik akibat kekurangan supply.
 
“Dapat dikatakan listrik di Sumsel ini aman bahkan membantu memasok ke daerah lain seperti Aceh dan Sumatera bagian Tengah. Jadi bisa dibilang secara sistem kelistrikan di Sumsel sudah over supply,” ungkapnya.