Jasa Raharja Tingkatkan Literasi dam Inklusi Keuangan

MONITOR, Jakarta – Hari Asuransi 2017 menjadi momen bagi Jasa Raharja bersama Dewan Asuransi Indonesia (DAI) beserta asosiasi asuransi lainnya untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi Jasa Raharja yang juga ketua panitia Hari Asuransi 2017 Wahyu Wibowo, perayaan kali ini bertujuan meningkatkan pemahaman asuransi di tengah masyarakat serta mendorong ketersediaan akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

“Hal ini penting dilakukan karena pemahaman asuransi di masyarakat masih berbeda-beda. Ada yang menganggap penting dan ada yang biasa saja,” terangnya. Hal ini terlihat dari  hasil riset Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2016 yang menyatakan bahwa indeks literasi hanya 29,66 persen dan Indeks Inklusi Keuangan sebesar 67,82 persen.

“Riset itu menunjukkan bahwa pentingnya mengedukasi masyarakat agar agar memahami akan pentingnya inklusi keuangan,” lanjutnya.

Rangkaian acara Hari Asuransi 2017 sudah dimulai sejak bulan Oktober ini hingga Desember. Panitia menggelar road show di kota-kota besar di Indonesia seperti, Medan, Yogyakarta, Balikpapan, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Manado, Pontianak, Makassar, dan Papua.

Di sepuluh kota tersebut dilakukan beragam kegiatan seperti turnamen olahraga, pembagian bunga, lomba dayung sampan, donor darah, fun walk, bazar, hingga kunjungan ke kampus-kampus.

Wahyu melanjutkan, kegiatan di Jakarta akan digelar pada akhir November dengan mengundang OJK dan Presiden Joko Widodo. Sedangkan di Padang peringatan asuransi digelar dengan membuat festival dan lomba lari. “Kota Padang akan menjadi kota penutup yang digelar pada 9 Desember. Nantinya akan ada penyerahan rekor MURI untuk penerbitan asuransi terbanyak secara serentak,” katanya.

Untuk itu, kata Wahyu, ia mengajak masyarakat datang bersama keluarga ke rangkaian acara-acara perayaan Hari Asuransi 2017. “Selain bermanfaat dan menghibur, acara ini juga akan membuka pemahaman masyarakat akan asuransi,”tutupnya.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia