Rabu, 17 April, 2024

Jalin Kerjasama dengan Karpowership, PT PAL Indonesia bangun 4 Kapal Pembangkit Listrik

MONITOR, Jakarta – Karpowership, pemilik tunggal dan juga operator dari kapal pembangkit listrik terbesar di dunia, dan PT PAL, perusahaan negara terkemuka di bidang perkapalan di Indonesia, memperkuat kerjasama di antara keduanya.

Penandatanganan perjanjian disaksikan langsung oleh Nihat Zeybekci, Menteri Ekonomi Turki dan Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, dalam rangka kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ankara, Turki. Kamis (6/7).

Kedua perusahaan menandatangani kesepakatan kerjasama strategis dalam pembangunan 4 kapal pembangkit listrik Indonesia pertama di galangan kapal Indonesia.

Direktur Utama PT PAL Bapak Budiman Saleh dan Direktur Utama Karpowership Orhan Remzi Karadeniz turut menghadiri dan menandatangani perjanjian tersebut.

- Advertisement -

Pada bulan Oktober 2016, MoU telah ditandatangani oleh PT PAL sebagai bentuk kerjasama awal dalam mengidentifikasi dan memonitor peluang peluang terkait akan kebutuhan listrik di Indonesia dan wilayah sekitarnya.

MoU ini menjadi pembuka jalan untuk kedua pihak dalam bersama sama membangun dan berkolaborasi dalam transfer teknologi sambil turut serta menambahkan nilai lokal Indonesia dalam pembangunan armadanya.

Di bawah perjanjian ini, PT PAL akan membangun 4 unit kapal pembangkit listrik Indonesia dengan kelas Mermaid dengan instalasi berkapasitas antara 36 sampai 80 MW untuk pengadaan listrik di berbagai pulau sepanjang kepulauan Indonesia.

Dengan kerjasama strategis ini, Karpowership dapat mempeluas operasinya di Indonesia, yang mana sampai hari ini, Karpowership telah berhasil menginstal listrik sebesar 845 MW di Indonesia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER