Jumat, 29 Maret, 2024

Isi Ulang Saldo KMT Kini Dapat Dilayani di Gerai Alfamart

MONITOR, Jakarta – PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) memodernisasi sistem transaksi tiket elektronik (e-ticketing). Kini layanan transaksi isi ulang saldo KMT tidak hanya dapat dilakukan di vending machine yang tersedia di satsiun-stasiun KRL, tetapi juga bisa melalui Alfamart. Dalam jangka menengah, rencananya KMT juga dapat diisi ulang melalui mesin ATM, internet, mobile & SMS banking, aplikasi Pay Pro keluaran provider Indosat dan melalui jaringan True Money.

Pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek akan semakin merasakan betapa mudah dan praktisnya menggunakan layanan KRL, sebab para pengguna Kartu Multi Trip (KMT) dapat melakukan isi ulang saldo di gerai Alfamart sekitar stasiun KRL Jabodetabek. Hingga saat ini tercatat 341 gerai Alfamart di stasiun dan wilayah sekitarnya dalam radius hingga 5 kilomter dapat melayani top-up KMT.

“Program modernisasi e-ticketing ini merupakan komitmen KCJ untuk semakin memudahkan penggunanya. Dengan menambah varian lokasi untuk melakukan transaksi tiket selain di vending machine” jelas Direktur Utama PT KCJ, Muhammad Nurul Fadhila.

“Ini adalah pertama kalinya pengguna dapat melakukan isi ulang selain di stasiun. Terobosan ini juga menunjukkan dukungan KCJ untuk semakin memperluas gerakan masyarakat nontunai yang digagas pemerintah,” ucap Fadhil.

- Advertisement -

Dalam siaran persnya, PT KAI menyebutkan hingga pertengahan tahun 2017, tercatat jumlah transaksi elektronik pengguna KMT sebesar 72.552.054, THB sebesar 73.982.645, dan pengguna kartu uang elektronik dari bank sebesar 29.408.103.

Untuk mendukung bertambahnya volume pengguna yang tembus hingga angka 1juta pada awal Mei 2017 lalu, PT KCJ melakukan penambahan perangkat 200 unit gate elektronik dan 400 unit vending machine tahun ini, dimana 60 diantaranya adalah vending machine khusus fare adjustment. Nantinya penumpang yang kurang bayar akibat perbedaan tujuan stasiun, hanya perlu membayar selisih kekurangan perjalanannya melalui mesin penyelaras tarif ini.

Pengguna dapat mengidentifikasi Alfamart yang melayani top up KMT dengan adanya logo khusus di kasir dan keberadaan mesin pembaca (reader) KMT. Semua jenis varian multi trip seperti Gelang Multi Trip, Gantungan Kunci Multi Trip, Stiker Multi Trip hingga Kartu Multi Trip yang bertuliskan powered by FeliCa termasuk KMT X-Presi dapat diterima di gerai Alfamart. Sedangkan bagi pengguna yang memiliki KMT lama atau non FeliCa dapat menukarkannya dengan KMT FeliCa di stasiun KRL terdekat.

Nominal isi ulang yang dapat dilakukan di gerai Alfamart mulai dari Rp 5.000,- sampai dengan Rp 200.000,- dengan saldo maksimum pada Multi Trip maksimal Rp 1.000.000,-. Untuk setiap transaksinya, pengguna akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.000,- yang langsung dibayarkan di kasir Alfamart.

Adapun langkah-langkah top-up KMT di gerai Alfamart tidak berbeda dengan yang dilakukan di loket stasiun ataupun vending machine. Pengguna hanya perlu memilih nominal top-up yang diinginkan, lalu membayar di kasir. Pengguna kemudian akan diminta meletakkan KMT pada reader yang tersedia di meja kasir, dan menunggu hingga proses isi ulang selesai.

 

Pada tahap awal ini 341 gerai Alfamart yang tersebar dalam radius 5 kilometer di sekitar stasiun akan siap melayani pengguna KRL. Tahap selanjutnya menyusul secara akumulatif 495 gerai Alfamart lainnya, hingga tahap akhir akan ada sekitar 2000 gerai Alfamart yang bekerja sama dengan KCJ.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER