Ini Gelaran Akbar PLN Jelang Hari Listrik Nasional

MONITOR, Jakarta – Menyambut hari listrik nasional, Perusahaan Listrik Negara atau PT PLN (Persero) menggelar hajatan besar yakni Learning, Innovation, Knowledge & Exhibition (LIKE). Acara ini rutin digelar tiap tahun. Kali ini, acara tersebut dilaksanakan dari tanggal 17-19 Oktober 2017.

"Acara LIKE merupakan acara besar yang kita lakukan tiap tahun dalam rangka menyambut hari listrik nasional. Melalui acara ini kita refleksikan rasa syukur kita atas keberlangsungan perusahaan kita dan mengekspresikan mimpi agar perusahaan maju dan berkembang," jelas Kepala Satuan Komunikasi Korporat, I Made Suprateka di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Selasa (17/10).

Bahkan ajang ini disebut-sebut sebagai bukti bahwa PLN memberi tempat lahirnya suatu ide dan inovasi baru dari para pegawai. Sebab menurutnya, sebuah perusahaan pasti akan melakukan inovasi.

"Kita harus bangun budaya perusahaan yang kuat dan mengakar dari direksi sampai pelaksana dari Sabang sampai Merauke sehingga seiring dan sejalan," jelas I Made.

"Sebanyak 2.363 inovasi telah lahir dari buah karya pegawai dan semangat mereka dalam mencari terobosan dalam bekerja. Bersama LIKE juga diadakan festival budaya perusahaan," ujarnya.

Perlu diketahui, LIKE PLN merupakan transformasi dari KNIFE (Knowledge, Norm, Innovation, Festival and Exhibition) yang telah dilaksanakan sejak 2009. Terobosan LIKE ini diharapkan dapat membentuk budaya pengelolaan pengetahuan yang menghasilkan produk-produk inovasi yang bisa diimplementasikan di lingkungan perusahaan.

Seperti diketahui, pada LIKE 2017, ada 357 karya inovasi pegawai PLN dan anak perusahaan yang terbagi menjadi lima kategori, yaitu Pembangkitan, Transmisi dan Distribusi, Technical Support, Non-Technical Support Aplikasi dan Non-Technical Support Manajemen. Adapun saving dari karya-karya ini mencapai Rp1,3 triliun dan 50 karya di antaranya akan memasuki tahap seleksi final di ajang LIKE 2017.