Kamis, 28 Maret, 2024

Indonesia Dinilai Memiliki Potensi Sentral Ekonomi Syariah Dunia

MONITOR, Jakarta – CEO Gaido Group Hasan Gaido menyebut Indonesia dinilai memiliki potensi besar untuk menjadi sentral ekonomi syariah dunia.

"Sekarang pemerintah telah membentuk Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) jadi tidak usah diragukan lagi," ujar President Indonesia-Arab Saudi Bussiness Council, M. Hasan Gaido, dalam dialog terbuka yang bertajuk, “Indonesia Sentral Ekonomi Syariah Dunia” di Ballroom, Lumire Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2).

Menurut Hasan Gaido yang juga CEO Gaido Group, pembentukan KNKS merupakan wujud nyata dari komitmen pemerintah untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah dengan melibatkan para pemangku kepentingan.

Perlu diketahui, KNKS sendiri dibentuk melalui Peraturan Presiden (Perpres) No.91 Tahun 2016 tentang Komite Nasional Keuangan Syariah. KNKS dipimpin langsung oleh Presiden dan Wakil Presiden. 
KNKS juga memiliki kelengkapan Dewan Pengarah yang beranggotakan sepuluh pimpinan dari unsur pemerintahan dan otoritas terkait dan manajemen eksekutif.

- Advertisement -

Tidak hanya itu dengan fakta serta ditambah dengan mayoritas warga Indonesia yang beragama Islam, kata Hasan, maka Indonesia punya potensi besar untuk menjadi  sentra ekonomi syariah dunia ke depan.

"Sayangnya, pangsa pasar keuangan syariah di Indonesia saat ini masih relatif kecil, yaitu baru sebesar 5,3% terhadap industri perbankan nasional,” ujar Hasan.

Hasan sendiri memiliki keyakinan Indonesia akan mampu menjadi sentra ekonomi syariah dunia pada 2045. Hal tersebut merupakan cita-citanya meski sebagian menganggap hal itu masih sulit diwujudkan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER