IHSG Dibuka Menguat 17,71 Poin

Ilustrasi

MONITOR, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Senin (23/7) dibuka menguat 17,71 poin seiring dirilisnya laporan keuangan emiten Bursa Efek Indonesia.

“IHSG dibuka menguat seiring dirilisnya laporan keuangan emiten BEI semester I-2018 setidaknya selama seminggu ke depan,” ungkap Riset PT Samuel Sekuritas di Jakarta.

Pada pembukaan perdagangan Senin ini, IHSG naik 17,71 poin (0,30 persen) ke posisi 5.890,50. Sedangkan indeks saha unggulan LQ45 menanjak 3,69 poin (0,40 persen) menjadi 928,86.

Untuk kondisi global, bursa AS melemah pada akhir pekan lalu, dipicu peningkatan kekhawatiran terhadap disharmoni hubungan Amerika Serikat dengan Tiongkok di bidang perdagangan.

Dalam pernyataan terbarunya, Presiden AS Donald Trump menyebut dirinya siap mengesahkan penetapan tarif baru terhadap produk impor senilai US$500 miliar dari Tiongkok.

Trump juga mengkritik, rencana peningkatan suku bunga oleh Federal Reserve AS karena menurutnya pengetatan kebijakan moneter AS akan memangkas keunggulan AS di bidang perdagangan seperti yang berlangsung di Wall Street, mayoritas bursa saham Eropa juga terus mengalami pelemahan.

Sementara mayoritas bursa Asia pagi ini cenderung bergerak diteritori negatif.