ESDM Serahkan 13 Sumur Bor dan 300 PJU-TS di Jember dan Lumajang

1000
Kepala Biro Umum Kementerian ESDM Endang Sutisna mendampingi peresmian sumur bor di Jember

MONITOR, Lumajang – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan 13 sumur bor yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Jember dan 1 sumur bor di Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Penyerahan sumur bor hari ini dipusatkan di lokasi sumur bor Desa Silo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, oleh Kepala Biro Umum Kementerian ESDM Endang Sutisna. Turut hadir dalam kesempatan ini Anggota Komisi VII DPR RI Bambang Haryadi dan Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief.

Penyerahan ini menandakan bahwa sumur bor yang telah dibangun dapat secara penuh digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Di samping itu, pembangunan sumur bor juga menandakan bahwa Pemerintah hadir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengentasan daerah sulit air bersih.

Endang Sutisna dalam sambutannya menyampaikan bahwa bantuan sumur bor air bersih ini telah berjalan sejak tahun 2006 lampau dan dibangun di seluruh wilayah Indonesia.

“Program ini sudah dimulai sejak 2006 dan tersebar di seluruh Indonesia. Untuk Jember sendiri, sudah ada 33 titik sumur bor air bersih siap minum yang sudah dibangun. Pada hari ini 13 titik yang kami resmikan, 12 ada di Jember dan 1 di Lumajang,” kata Endang.

Wakil Bupati Jember menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementerian ESDM yang telah membantu membangun sumur bor untuk masyarakat. Dirinya berharap program ini dapat berlanjut mengingat masih ada wilayah sulit air di wilayah Jember.

“Kami berterima kasih, ini suatu kebanggaan tersendiri bagi kami. Meski demikian, masih ada beberapa titik wilayah di Jember yang masih kekurangan air bersih dan mudah-mudahan proyek air bersih ini bisa berlanjut,” ujar Wakil Bupati Jember.

300 PJU-TS Terangi Jalanan Lumajang

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan serah terima 300 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Kabupaten Lumajang.

Tahun 2018, program PJU-TS dilaksanakan di 26 Provinsi, dengan jumlah PJU-TS sebanyak 21.864 unit. Kabupaten Lumajang merupakan salah satu wilayah yang mendapat alokasi pemasangan 300 unit PJU-TS

Saat ini PJU-TS telah terpasang dan beroperasi 100%. Selanjutnya, PJU-TS yang telah dibangun ini akan dikelola dan dipelihara oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang.