Ekspor Kopi Indonesia ke Kanada Meningkat Pesat

MONITOR Banda Aceh – Ekspor produk kopi Indonesia ke Kanada pada tahun 2016 mencapai USD 21,5 juta dengan tren positif di tahun 2012-2016 sebesar 10,3%. Pada periode Januari-Agustus tahun 2017, ekspor kopi Indonesia memiliki nilai sebesar USD 18,4 juta.

Angka tersebut meningkat cukup signifikan sebesar USD 5 juta jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perdagangan Marolop Nainggolan menyatakan, meski pencapaian yang signifikan telah ada, namun pihaknya akan terus memperluas pasar ekspor di berbagai negara.

“Pasar Kanada memang menjanjikan karena volume impor dan konsumsi kopi per kapita yang tinggi. Walaupun telah ada pencapaian yang signifikan melalui kerja sama dalam pengembangan usaha kopi organik lokal, produsen kopi gayo dapat menciptakan kesejahteraan bagi para petani kopi gayo dengan memperluas pasar ekspor yang bertumbuh seperti di Kanada,” ujar Marolop.

Perlu diketahui, kunjungan para buyer Kanada ini merupakan tindak lanjut dari partisipasi Kemendag pada pameran Specialty Coffee Association of Amerika (SCAA) pada 20-23 April 2017 lalu di Seattle, Amerika Serikat. Dalam pameran tersebut, Indonesia mempromosikan berbagai kopi khas Nusantara.

Kemendag juga memanfaatkan pameran dagang skala internasional terbesar di Indonesia, yaitu Trade Expo Indonesia (TEI) untuk mempromosikan produk-produk kopi Indonesia. TEI 2017 yang diadakan pada 11-15 Oktober 2017 di Indonesia Convention Exhibition, Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten ini berhasil mencatatkan total transaksi USD 1,41 miliar atau setara Rp 18,70 triliun. Tahun depan, TEI 2018 akan diadakan pada 24-28 Oktober 2018 di lokasi serupa.