Ekspor Bus dan Truk Nasional Ditarget Naik 35 Ribu Unit Sepanjang 2018

MONITOR, Jakarta – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pede ekspor kendaraan komersial mampu naik hingga 35 ribu unit pada 2018, dari tahun sebelumnya yang berada diangka 27 ribu unit.

Pasalnya, kata Airlangga, pada tahun 2018, produksi bus dan truk mencapai 93 ribu unit dengan penjualan sebanyak 89 ribu unit. Angka tersebut dinilai naik dengan pesat dibanding tahun 2016 yang produksi dan penjualannya baru mencapai 70 ribu unit.

"Kami optimis bisa tercapai, karena industri mobil niaga di Tanah Air cukup maju," ujar Airlangga pada acara pembukaan GAIKINDO Indonesia International Cemmercial Vihcle Expo (GIICOMVIC) 2018 di Jakarta, Kamis (1/3).

Optimisme tersebut, lanjut Airlangga, ditopang dengan membaiknya pertumbuhan ekonomi nasional dan pulihnya ekonomi global.

"Saat ini momentum yang tepat karena semakin membaiknya pertumbuhan ekonomi nasional didorong oleh pulihnya perekonomian global dan berjalannya reformasi struktural di dalam negeri secara komperhensif," katanya.

Ia juga menegaskan komitmen untuk terus memperkuat basis industri kendaraan komersial terutama untuk angkutan niaga, serta meningkatkan nilai tambah produk dalam negeri melalui penguatan struktur industri pada rantai nilai serta perbaikan infrastruktur industri.