Ekspansi Anak Perusahaan Telkom ke Arab Saudi Tuai Apresiasi

MONITOR, Jeddah – Ekspansi di bidang teknologi informasi oleh anak perusahaan PT Telkom Indonesia, PT Finnet Indonesia ke Arab Saudi disambut baik oleh Kementerian Perdagangan.

Ekspansi tersebut dilakukan PT Finnet bekerjasama dengan Halawan Exchange asal Arab Saudi untuk membuka layanan pengiriman uang secara daring.

"Kerja sama ini menghasilkan layanan yang sangat bermanfaat bagi pekerja Indonesia di Arab Saudi, serta berkontribusi meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi," kata Kepala ITPC Jeddah Gunawan saat mendampingi dan memfasilitasi pertemuan antar kedua perusahaan 30 Oktober lalu.

Dalam siaran pers, Jumat (10/11), Kementerian Perdagangan RI menulis, ekspansi dan kerjasama tersebut akan mempermudah warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Arab Saudi untuk mengirim uang ke kampung halaman.

Sejalan dengan hal itu, Gunawan mengatakan, kerjasama kedua perusahaan tersebut akan menghasilkan layanan dengan biaya lebih terjangkau dan efisien dibanding penyelenggara layanan lainnya dari Arab Saudi.

Terlebih uang yang dikirimkan juga langsung dapat diterima dan diambil di tempat tujuan. "Finnet dan Halawani telah memiliki lisensi untuk menyelenggarakan layanan ini dari Bank Indonesia dan Saudi Arabian Monetary Authority, Bank Sentral Arab Saudi.

Untuk diketahui, PT Finnet Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembayaran digital. Perusahaan yang didirikan tahun 2006 tersebut 60 persen sahamnya dimiliki oleh PT Telkom Indonesia dan 40 persen lainnya dipegang Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia. 

Sementara Halawani Exchange adalah sebuah perusahaan Arab Saudi yang bergerak di berbagai sektor jasa dan layanan, mulai dari keuangan, pariwisata hingga bisnis makanan dan minuman.