DPR: Pemerintah Harus Antisipasi Pelemahan Rupiah

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Taufik Kurniawan (Foto: Rangga Darmawan/Monitor)

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengingatkan agar pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera melakukan antisipasi terkait kondisi rupiah yang kian melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Pasalnya, rupiah kini sudah menyentuh diangka sekitar Rp14.200.

Hal itu dikatakannya, demi mengantisipasi naiknya rupiah terhadap dolar AS hingga mencapai di angka Rp15.000.

“Yang pasti menurut kalkulasi saya, hitungan analisis secara ekonominya jangan sampai rupiah di atas 15 ribu, walaupun memang tantangannya tidak mudah, tetapi kita berharap jangan sampai di atas 15 ribu,” kata Taufik menjawab pertanyaan MONITOR, di Jakarta, Rabu (23/5).

Menurut dia, jika dolar menyentuh angka di 15 ribu, maka akan sangat berpotensi terjadinya rush dan chaos secara ekonomi.

“Jadi kita masih berharap pada Bank Indonesia (BI) dan Pemerintah sedapat mungkin, dan dengan berbagai cara tentunya agar dolar tidak menyentuh diangka psikologis 15 ribu,” tegasnya.

“Dan seperti yang sudah saya sampaikan di 3 bulan lalu, (jangan pemerintah selalu mengatakan) kalau dikatakan masih tidak apa-apa, masih aman dan sebagainya,” pungkas politikus PAN tersebut.