DPR Ingatkan Tantangan Merger Bank BUMN

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi VI DPR, Darmadi Durianto menyatakan sepakat jika bank bank milik BUMN dilebur jadi satu alias merger. Menurutnya penggabungan itu akan berdampak efektif bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Politikus PDIP ini menyatakan, kedepan pasti akan ada beberapa target-target dan skema pelaksanaan. Namun menurutnya hal itu bukanlah suatu kendala.

"Masing-masing bank punya segmentation, targeting dan positioning sendiri-sendiri, tapi itu bukan suatu kendala. Mungkin digabung akan efektif," ujar Darmadi kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (7/9).

Ia menekankan, peleburan bank BUMN harus ditujukan untuk mendorong sektor perbankan jadi punya kemampuan kompetisi lebih baik, baik di tingkat regional maupun internasional.

"Sejauh merger tersebut bisa meningkatkan daya saing ya silahkan. Tapi tentunya harus didahului kajian analisis daya saing yang komprehensif. Karena menyatukan kultur masing-masing bank juga menjadi tantangan yang cukup berat jika dilakukan merger. Tapi kalau ada niat dan di dorong pasti bisa," pungkas Bendahara Megawati Instittute itu.