Kamis, 25 April, 2024

Dorong Non Tunai di SPBU, Pertamina Gelar MoU dengan Pemprov Sumatera Barat

MONITOR, Jakarta – PT Pertamina (Persero) terus mengembangkan transaksi non-tunai (cashless) di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di seluruh daerah pemasarannya, sesuai instruksi Kementerian ESDM.

PT Pertamina Marketing Operation Region I (MOR I) di Jakarta pada Rabu (6/12) terus ikut bergerak mendorong penggunaan transaksi non-tunai di SPBU Pertamina se-Sumatera Barat. Hal itu dituangkan dalam kesepakatan bersama dengan Pemerintah provinsi Sumatera Barat dan Bank Indonesia (BI).

Nota Kesepakatan ditandatangani di Kota Padang oleh Retail Fuel Marketing Manager Region I, Agus Taufik Harahap bersama  Kepala Kantor Perwakilan BI Sumatera Barat Endy Dwi Tjahjono, dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit.

Menurut Agus, Program sinergi antara Pertamina, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Bank Indonesia merupakan upaya mendukung program Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) yang dilaksanakan pemerintah melalui cara percepatan dan perluasan transaksi non-tunai transaksi BBM.

- Advertisement -

"Dengan nota kesepakatan ini merupakan wujud komitmen Pertamina untuk berperan aktif dalam mendorong transaksi non-tunai. Kami menyadari sebagai pelaku bisnis retail dengan outlet yang tersebar di seluruh penjuru negeri, bahwa Pertamina memiliki peran yang cukup besar guna suksesnya program elektronifikasi pembayaran atau Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT)," jelas Agus.

Rencana penerapan transaksi nontunai akan mulai dilaksanakan di seluruh SPBU di Kota Padang pada bulan Januari 2018 dengan menerapkan jalur khusus non-tunai. Kemudian nantinya akan dilanjutkan ke daerah lainnya hingga mencakup seluruh Sumatera Barat.

Penerapan program akan dibagi dalam 4 tahap dengan menggunakan evaluasi pada setiap tahapannya. Namun demikian, nantinya Masyarakat akan menerima sosialisasi terlebih dahulu mengenai manfaat dan keunggulan transaksi secaranon tunai.

Teknis penerapannya nantinya akan dipermudah dengan mendekatkan instrumen cashless melalui banking corner yang melayani kartu debit, kartu kredit, maupun uang elektronik di seluruh SPBU.

"Selain itu, untuk memudahkan konsumen dalam bertransaksi nontunai, Pertamina akan mengadakan kerja sama program menggandeng Bank BUMN yaitu Bank BRI sebagai penyedia jasa perbankan untuk lebih memudahkan penerapannya pada masayarakat. Dengan adanya program transaksi tunai dalam kerjasama ini, transaksi di SPBU akan menjadi lebih praktis dan menguntungkan konsumen", pungkas Agus.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER