Jumat, 19 April, 2024

Dirut Jasa Marga Apresiasi Progres Positif Proyek Tol Balikpapan-Samarinda

MONITOR, Balikpapan – Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Desi Arryani melakukan kunjungan kerja ke proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Dalam kesempatan ini, Desi mendapat penjelasan mengenai progres pembangunan konstruksi dan pembebasan lahan dari Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) Arie Irianto selaku anak usaha Jasa Marga yang mengelola jalan tol sepanjang 99,35 Km ini.

Menurut Arie, hingga awal bulan Januari 2018, proyek pembangunan jalan tol yang dibagi menjadi 5 Seksi ini sudah mencapai 46,704%. Sedangkan dalam sektor pembebasan lahan, sudah mencapai 96,68%.

Melihat progres yang telah dicapai oleh PT JBS, Desi mengaku optimis jalan tol pertama di Kalimantan tersebut dapat selesai di akhir tahun 2018 sehingga awal tahun 2019 dapat dioperasikan. Ia juga mengharapkan, nantinya jalan tol ini dapat menjadi cikal bakal Trans Kalimantan.

“Di akhir tahun 2018, mudah-mudahan jalan tol Balikpapan Samarinda dapat diselesaikan sehingga pada awal tahun 2019 jalan tol ini dapat beroperasi,” tutur Desi optimis.

- Advertisement -

Lebih lanjut, Desi mengapresiasi langkah percepatan yang dilakukan oleh PT JBS, salah satu permasalah utama yang dihadapi JBS adalah Tahura (Taman Hutan Rakyat) dimana setelah hampir satu tahun lamanya akhirnya Tahura dapat diselesaikan sehingga progres konstruksi dapat segera dilaksanakan dilahan tersebut.

Desi juga menyatakan dengan dioperasikannya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda akan memangkas biaya logistik karena distribusi barang antar dua kota tersebut menjadi lebih cepat.

Pengguna jalan dapat memangkas total perjalanan 54 Km, sehingga berbanding lurus dengan efisiensi waktu perjalanan antara Balikpapan dan Samarinda, dari waktu tempuh semula menghabiskan 3 jam, nantinya dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER