China Berminat Impor Bawang Putih dari Indonesia

MONITOR Banyuwangi – China menyatakan Minatnya untuk Membeli Bawang Putih Banyuwangi, hal tersebut diungkapkan Direktur CV Sinar Padang Sejahtera, Feri yang mengembangkan bawang putih di Desa Taman Sari, Kec. Licin. Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Sebagai informasi, 116 hektar bawang putih siap panen tengah dikembangkan di lereng pegunungan ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, pada Kamis kemarin (22/03) telah meninjau lokasi tersebut.

Bawang Putih produksi Banyuwangi sendiri dinilai memiliki Aroma Kuat hingga 5 kali lipat dari produksi bawang putih yang sama diari China yang saat ini banyak beredar di pasaran. Tak ayal, dengan kualitas tetsebut, negeri tirai bambu itu berminat untuk mengimpor dari Indonesia.

Namun, meski China sudah menyatakan ketertarikannya, Amran berharap agar produksi bawang putih tidak di ekspor terlebih dahulu demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Amran juga meminta seluruh masyarakat Nanyuwangi agar menghargai peran swasta dalam pengembangan bawang putih. "Saling melindungi agar dapat tumbuh menjadi pilar ekonomi yang menguntungkan, semua pihak baik petani, masyarakat konsumen dan pengusaha,  tidak ada yang dirugikan," ujarnya.

Amran juga meminta pemerintah daerah membantu memberi kemudahan pengusaha yang ber-investasi dibidang pertanian seperti penyediaan lahan serta perijinan.