CEO Blibli.com Soroti Tiga Masalah Pelaku UMKM

MONITOR, Jakarta – Kementerian Perdagangan mengakhiri rangkaian rapat kerja 2018 yang dilaksanakan di Hotel Borobudur Jakarta, hari ini Jumat (2/2). 

Agenda ini diawali pembahasan mengenai kesiapan penyelenggaraan perdagangan secara elektrik atau biasa disebut e-Commerce Readness. 

Dalam pantauan MONITOR, tampak sejumlah narasumber hadir diantaranya Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, CEO Blibli.com Kusumo Martanto, Direktur Tangan Di Atas Wisnu Sakti Dewobroto dan Dirut Tanhub Ivan Arie Sustiawan.

CEO Blibli.com Kusumo Martanto menyatakan, ada tiga hal pokok pembahasan yang harus menjadi perhatian bersama. Pertama, sebagian besar pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) masih kekurangan modal dalam membeli bahan baku.

Kedua, ia mengeluhkan inkonsistensi pelaku UKM dalam mempertahankan kualitas produk yang akan dijual. "UKM tidak konsisten dalam memproduksi kualitas produk penjualan," ujarnya.

Ketiga, lanjut Kusumo, UKM di Indonesia msih terbilang kurang kreatif dalam mempacking sebuah produk. Hal ini penting, karena akan menjadi daya tarik calon konsumen untuk memberi produk tersebut.